Bahlil: Kita Punya Harapan Indonesia Jadi Negara Tujuan Investasi

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 320 2416325 bahlil-kita-punya-harapan-indonesia-jadi-negara-tujuan-investasi-jqMh8mkM23.jpg Investasi (Foto: Ilustrasi Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara tujuan investasi. Sebab Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang besar, serta adanya reformasi regulasi.

"Kita punya harapan besar, kita punya optimisme bahwa kedepan Indonesia akan menjadi salah satu negara tujuan investasi. Sumber daya alam kita luar biasa sekali, tidak perlu diragukan," kata Bahlil dalam webinar Indonesia Investment Forum 2021, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga:   UU Cipta Kerja Solusi Masalah Regulasi, Investasi Masuk Bantu Pemulihan Ekonomi

Dia menjelaskan, salah satu daya tarik Indonesia menjadi negara tujuan investasi adalah memiliki SDA yang sangat lengkap. Mulai dari periaknan, pertamabngan, ketuhanan dan juga green energy.

"Kita juga bangun green energi dengan bangun PLTA. ini jadi daya tarik sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Investasi Senjata Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5%, Wamen BUMN Siapkan Kawasan Pantura

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan reformasi regulasi. Hal itu tertuang dalam Undang Undangan no 11 tentang Cipta kerja yang sudah selesai prosesnya.

"UU ciptaker ini beri 3 hal bagi pengusaha: kepastian, kemudahan, efisiensi dan transparansi. kalau dulu kita akui indonesia itu regulasinya tidak terpusat dalam persoalan perizinan. tapi sekarang di 18 Kementerian/Lembaga yang keluarkan izin berbasis elektronik via OSS yang dikelola Kementerian Investasi/BKPM," ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan cara yang seperti itu para investor akan diberi kemudahan. Investor cukup bahwa teknologi hingga modal, soal perizinan pemerintah Indonesia akan turun tangan.

"Cara - cara kaya gini jadi memudahkan bagi investor. Silahkan investor membawa teknologi, capital, sebagian modal nanti izinnya kemudian lokasi industrinya biarlah negara yang ikut hadir dalam mengurusnya. ini adalah sebuah kerja sama yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini