Banyak Korban PHK Tambah Skill Kerja Lewat Pelatihan

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421506 banyak-korban-phk-tambah-skill-kerja-lewat-pelatihan-vQbGHGqvIY.jpg PHK Meningkat Akibat Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banyak PHK terjadi karena pandemi virus corona. Hal ini karena banyak perusahaan yang melakukan efisiensi, salah satunya merumahkan karyawan hingga memutuskan PHK.

Tak ayal banyak freshgraduate dan para pekerja yang terkena PHK menganggur di tengah pandemi. Meski demikian, banyak di antaranya juga meluangkan waktu untuk belajar guna persiapan persaingan dunia kerja.

Baca Juga: Serikat Buruh Minta Pemerintah Tahan Gelombang PHK Besar-besaran

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan, sebanyak 75% pekerja Indonesia bersedia melatih kembali kemampuan mereka atau melakukan retrain.

"Soalnya jika mereka tidak melakukan retrain, mereka akan khawatir atau takut tidak dapat bersaing di dunia kerja mereka," kata Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim dalam webinar Jobstreet career secara daring di Jakarta, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Sandiaga: Beli Produk Lokal Cegah PHK Pelaku Ekonomi Kreatif

Faridah Lim mencatat terdapat sejumlah pekerjaan dan industri yang di mana kandidat pekerja meluangkan waktu untuk belajar. Menariknya, kandidat yang bekerja dibidang IT dan teknologi industri berada peringkat tiga teratas dari hasil survey Jobstret.

Merujuk catatan Jobstreet, jenis pekerjaan yang dipelajari oleh para kandidat diantaranya seni & pekerjaan kreatif, IT & teknologi, konsultasi, media informasi, sains & penelitian, pekerjaan teknik & engineering, hukum, digitalisasi & otomasi, pemasaran & komunikasi dan layanan sosial.

Kabar baik disampaikan oleh Faridah bahwa Jobstreet bekerjasama dengan Future Learn aka memberikan kursus gratis bersertifikat serta informasi eksklusif yang mampu mempersiapkan kandidat dengan pengetahuan yang tepat serta membantu dalam mengasah kemampuan.

"Kami juga ingin mengumumkan bahwa akan ada kursus gratis untuk para kandidat supaya menambah pengetahuan dan skill untuk persiapan di dunia kerja. Kursusnya bersertifikat loh," ajaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini