Dilaporkan ke Jokowi, Perombakan Jabatan PNS Paling Lambat Akhir Juni 2021

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 320 2426760 dilaporkan-ke-jokowi-perombakan-jabatan-pns-paling-lambat-akhir-juni-2021-qI6kIKWBUK.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Waktu penyederhanaan birokrasi dalam hal ini pemangkasan eselonisasi PNS tinggal tiga minggu lagi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pada akhir bulan ini laporan pemangkasan eselonisasi harus sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tinggal ada sisa waktu tiga minggu. Karena sesuai arahan pak Presiden akhir Juni harus dilaporkan kepada bapak Presiden tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyederhanaan birokrasi ini,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Pemangkasan Eselon, Penghasilan PNS Tak Akan Turun 

Namun begitu, Tjahjo mengatakan bahwa pemangkasan eselon sudah mencapai lebih dari 90%.

“Hingga saat ini sudah mencapai hampir 93% selesai,” ujarnya.

Mantan Mendagri itu mengatakan bahwa penyederhanaan birokrasi ini sesuai arahan Presiden Jokowi dilakukan dengan memangkas eselonisasi PNS menjadi dua level. Sementara eselon yang dihilangkan antara lain eselon III, IV dan V

“Sebagaimana arahan bapak Presiden penyederhanaan birokrasi menjadi dua level eselon dilaksanakan melalui pengalihan jabatan administrator eselon III, pengawas eselon IV dan pelaksana eselon V menjadi jabatan fungsional pada seluruh instansi baik pusat maupun daerah. Dari 34 kementerian, 7 sekretariat lembaga negara, 93 sekretariat LNS, 29 LPNK, 2 lembaga penyiaran publik, 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini