Cek Penerima Bansos Tunai Rp600.000 di cekbansos.kemensos.go.id

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 320 2443223 cek-penerima-bansos-tunai-rp600-000-di-cekbansos-kemensos-go-id-OafyeDasyB.jpg Bansos Tunai Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp600.000 dicairkan pemerintah. Masyarakat pun bisa mengecek penerima bansos melalui cekbansos.kemensos.go.id

Adapun untuk skema bansos tunai kali ini difokuskan dengan diantarkan langsung ke rumah para keluarga penerima manfaat (KPM). Terutama bagi KPM yang sakit dan lansia.

Baca Juga: Alasan BLT Subsidi Gaji Diminta Cair saat PPKM Darurat

Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus mengatakan, sistem penyaluran bansos tunai sekarang jemput bola. Jadi, Pos Indonesia memperbanyak jumlah petugas juru bayar yang diturunkan ke lapangan.

"Dulu kalau melalui komunitas kami bisa dalam jumlah besar, sekarang kami kecilkan hanya 10 hingga 20 orang. Jadi konsekuensinya kami tambah jumlah tenaga penyalur dan menambah titik komunitas," jelas Charles.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp600.000 Harus Tersalurkan dalam 30 Hari

Menurutnya, cara ini dilakukan supaya tidak ada kerumunan di tengah PPKM Darurat. Oleh karena itu, Pos Indonesia memperkuat koordinasi dengan aparat setempat, RT/RW.

"Dinas Kesehatan setempat, Satgas Covid, dan pihak keamanan sejak 15 Juli," kata Charles.

Untuk bansos tunai yang menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), disalurkan selama dua bulan yakni Mei dan Juni akan dibayarkan sekaligus dua bulan pada Juli-Agustus 2021.

Indeks BST yang diterima masyarakat KPM yakni Rp 300.000 per bulan. KPM BST adalah masyarakat terdampak pandemi yang sudah masuk dalam DTKS, yang tidak menerima PKH dan BPNT/Kartu Sembako.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini