Blusukan ke Rumah Oksigen, Luhut Sebut Kemungkinan Data Covid-19 Makin Naik

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 320 2448023 blusukan-ke-rumah-oksigen-luhut-sebut-kemungkinan-data-covid-19-makin-naik-jzR5Gj74Bp.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone/ Kemenko Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau rumah oksigen yang di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (29/72021).

Dalam kesempatannya Luhut mengungkapkan bahwa teknik tracing atau (pelacakan) merupakan kunci dalam mendeteksi virus Covid-19.

“Jadi sekarang kita sudah semakin mengerti bahwa teknik tracing itu penting dalam penanganan Covid-19. Teknik tracing ini kuncinya,” kata Menko Luhut melalui pernyataan tertulis yang diterima MNC News Portal Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Menko Luhut Minta Kerja Mati-matian Turunkan Angka Kematian Covid-19!

Luhut menjelaskan dengan adanya teknik tracing, maka penyebaran virus Covid-19 dapat dengan cepat diketahui. Meskipun tidak menutup kemungkinan bila jumlah positif akan diketahui lebih banyak dari sebelumnya.

Baca Juga: Pesan Menko Luhut ke Milenial: Kita Sendiri yang Menentukan Masa Depan

“Kita juga mulai di luar jawa. Oksigen sudah mulai kita siapkan, kita dapat ISO Tank tambahan hampir 20, nah ini akan kita gunakan untuk menampung oksigen yang ada dari Konawe, Jawa, Kalimantan, dan Bali. Sehingga kami berharap ISO Tank yang kita siapkan ini membantu daripada kekurangan-kekurangan Oksigen,” ungkapnya.

Meskipun demikian, pemerintah tetap mengantisipasi kemungkinan yang terburuk sehingga apa yang terjadi pada masa mendatang, pemerintah sudah lebih siap.

“Saat ini ketersediaan tempat tidur di Jakarta sekitar 9000 lebih. sedangkan seluruh Jawa-Bali disiapkan hampir 50.000 tempat tidur diantaranya di Bandung, Semarang, Yogya, Solo Raya, Surabaya, Malang, Bali dan sebagainya,” tutup Luhut.

Dengan demikian dengan tinjauangannya, Luhut berharap adanya Rumah Oksigen dirinya menekankan kerja sama kepada Dinas, GoTo, Samator, Master Steel, Tripatra, Halodoc dan TNI dan pihak terkait untuk memanfaatkan dengan baik karena ini dapat menampung lebih banyak pasien isolasi mandiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini