Akhirnya Terungkap! Ini 3 Alasan Orang Ingin Jadi PNS

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 320 2451297 akhirnya-terungkap-ini-3-alasan-orang-ingin-jadi-pns-3QxZWHMVoE.jpg Alasan Orang Ingin Jadi PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ada beberapa alasan mengapa masyarakat memilih pekerjaan sebagai ASN seperti PNS. Jawaban ini terkuak setelah KemenPANRB melakukan survei terhadap lebih dari 15.000 responden yang merupakan ASN. Pada survei tersebut para ASN diminta untuk menyebutkan tiga alasan utama mengapa memilih profesi ASN.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan bahwa alasan utamanya adalah ingin mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Yang paling dominan adalah lebih dari 84% responden mengatakan ingin berkontribusi langsung kepada negara, ingin melayani bangsa, ingin melayani masyarakat. Inilah alasan paling besar orang memilih ASN. Dan diantara pilihan yang lain mereka menempatkan ini sebagai prioritas,” katanya dalam acara Talkshow Core Values & Employer Branding ASN, Kamis (5/8/2021).

“ASN kita tentu punya pilihan untuk bekerja di BUMN misalnya, bekerja di perusahaan swasta, perusahaan asing dan lain-lain. Tapi yang memilih menjadi ASN alasan nomor satunya yang paling dominan adalah ingin berkontribusi kepada bangsa,” katanya.

Sementara itu, kesejahteraan menjadi alasan nomor dua mengapa orang memilih profesi sebagai PNS.

“Alasan nomor dua adalah lebih dari separuh bicara kesejahteraan. Bukan hanya gaji tapi secara menyeluruh ada tunjangan, pensiun dan lain-lain. Jadi alasan kedua terbesar adalah kesejahteraan sebagai ASN,” ungkapnya.

Lalu untuk alasan nomor tiga, Deni mengatakan berkaitan dengan pengembangan diri. Dan kemudian disusul alasan karena kejelasan karier di ASN.

“Yang ketiga adalah kesempatan mengembangkan diri dan mengembangkan karier. Jadi pengembangan diri itu hampir separuh 49%. Karier yang jelas lebih dari sepertiga yakni 31%,” ujarnya.

“Jadi ini adalah alasan-alasan utama mengapa orang memilih profesi sebagai ASN,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini