Jokowi: Buah Indonesia Harus Berdaya Saing dan Harga Kompetitif

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 320 2453055 jokowi-buah-indonesia-harus-berdaya-saing-dan-harga-kompetitif-9SyodWA8LD.jpg Jokowi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Pemerintah terus menggenjot sektor pertanian agar berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Salah satunya produk hortikultura seperti buah-buahan.

Presiden Joko Widodo mengatakan agar promosi dalam buah di dalam negeri dan ekspor harus melakukan strategi yang menarik. Dengan kemajuan teknologi dan edukasi buah-buah nusantara dilakukan berkelanjutan

"Buah nusantara harus berdaya saing. Harganya harus kompetitif dan cita rasanya terjaga. Produksinya tidak putus dan packagingnya menarik, ekosisitem buah nusantara harus ditata dari hulu dan hilir," kata Jokowi dalam video virtual, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Buah Lokal Rasa Internasional yang Diekspor hingga ke Belanda

 

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, kinerja sektor pertanian turut berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Di antaranya disumbang oleh produk hortikultura seperti buah-buahan. Dalam hal ini, ada lima negara yang doyan impor buah dari Indonesia.

"5 negara tujuan utamanya negara China, Malaysia, Hong Kong, Arab Saudi, Pakistan. Dari sisi produksi meningkat 6,06%," kata Airlangga Hartato

Dia merinci, ekspor hortikultura mencapai USD645,48 juta pada 2020 meningkat 37,75% dibandingkan 2019. Peningkatan dominiasi komiditas buah-buah mencapai USD389,9 juta meningkat 30,31%.

"Hortikultura menjadi sektor yang didorong. Pemerintah meminta sektor ekspor digenjot dan berbagai regulasi menghambat segera diselesaikan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini