Share

Jadi Endemi, Sri Mulyani: Kita Harus Siap Hidup dengan Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 320 2460131 jadi-endemi-sri-mulyani-kita-harus-siap-hidup-dengan-covid-19-mrQ5UKz0zn.jpg Sri Mulyani: Kita Harus Siap Hidup dengan Covid-19 (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakat Indonesia untuk bersiap hidup dengan Covid-19. Sebab, Covid-19 akan berubah dari pandemi menjadi endemi

"Kita harus mempersiapkan diri, semua menyiapkan diri bagaimana hidup dengan pandemi yang akan menjadi endemi. Siapkan vaksinasi hingga muncul herd immunity, dan disiplin protokol kesehatan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Menurut Sri Mulyani,Indonesia dalam penanganan Covid-19 relatif bisa memgendalikan. Namun, Indonesia tetap waspada karena pandemi Covid-19 terus mengancam jiwa sosial dan ekonomi.

"Semua negara harus merespons hidup dengan pandemi. Masyarakat harus disiplin protokol kesehatan," katanya.

Dia berharap tahun 2021 merupakan tahun pemulihan dan akan berlanjut di tahun 2022. Namun demikian, Covid-19 menjadi faktor berpengaruh yang sifatnya penuh ketidakpastian.

“Sekarang Presiden menginstruksikan kepada seluruh menteri, TNI, Polri untuk segera melakukan akselerasi bagi vaksinasi. Covid harus ditangani dan diatasi sebelum kita bisa bicara tentang pemulihan ekonomi yang sustainable,” katanya.

Dengan ketidakpastian dari Covid-19, pemerintah mengambil langkah responsif dan adaptif, termasuk membuat APBN bekerja lebih keras untuk menghadapi kondisi tersebut.

“APBN harus melakukan berbagai respons terhadap kenaikan jumlah Covid. Untuk belanja negara tahun 2021, kita melihat semester 1, peranan APBN sebagai countercyclical terlihat sekali, sementara dari pendapatan juga menunjukkan adanya tanda-tanda pemulihan dan juga penerimaan yang mulai masuk dalam pertumbuhan positif," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini