Share

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 Dibuka? Berikut Cara Daftar di prakerja.go.id

Hafid Fuad, Sindonews · Senin 30 Agustus 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 320 2463060 kapan-pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-20-dibuka-berikut-cara-daftar-di-prakerja-go-id-QZT9iiIe4m.jpg Kartu Prakerja Gelombang 20 Akan Dibuka (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah pendaftaran kartu prakerja gelombang 19 ditutup pada Minggu 29 Agustus 2021, masyarakat akan menantikan pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 20.

Sebelum pendaftaran kartu prakerja gelombang 20 dibuka, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengumumkan hasil seleksi yang lolos kartu prakerja gelombang 19. Tercatat, kuota pada kartu prakerja gelombang 19 mencapai 800.000 peserta.

800.000 peserta yang lolos akan mendapatkan total insentif 3,55 juta. Pada tahap awal, peserta akan mendapat saldo pelatihan Rp1 juta.

Nantinya peserta yang lolos akan diberikan SMS notifikasi sebagai penerima kartu prakerja gelombang 19. Para penerima kartu prakerja gelombang 19 juga dapat mengecek situs resmi www.prakerja.go.id. Notifikasi ini juga dapat dilihat di dashboard setiap peserta.

Sebelumnya, Head of Communication Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, 800.000 penerima akan mendapatkan saldo pelatihan Rp1 juta yang dikirimkan ke rekening virtual dan prosesnya membutuhkan waktu.

"Karena itu para peserta yang lolos seleksi harap memeriksa dashboard secara berkala," katanya.

Saldo pelatihan ini dapat digunakan untuk membeli pelatihan, bentuknya adalah 16 angka Nomor Kartu Prakerja. "Cara menggunakannya sama seperti kalau kita menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Setelah itu, pendaftaran kartu prakerja gelombang 20 akan dibuka. Sebab, pada semester II-2021, pemerintah menyiapkan anggaran tambahan Rp10 triliun dengan total kuota 2,8 juta peserta.

"Pada semester II-2021, anggaran kartu prakerja ditambah Rp10 triliun untuk 2,8 juta peserta," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani belum lama ini.

Bagi calon peserta Program Kartu Prakerja, dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan diri:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) serta Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini