Kerja Sama dengan Indomaret, Pemkab Bangka Akan Gelar Pelatihan untuk Pelaku UMKM

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 07 September 2021 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 11 2467618 kerja-sama-dengan-indomaret-pemkab-bangka-akan-gelar-pelatihan-untuk-pelaku-umkm-JzR5FU3uXm.jpg Foto: Dok.Pemkab Bangka

SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka berencana akan melaksanakan pelatihan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangka. Pelatihan tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan PT Indomarco Wisamatama yang melibatkan 75 orang pelaku usaha.

Pelatihan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada 23 September 2021. Dengan melibatkan mentor yang profesional, diharapkan produk-produk olahan dari Kabupaten Bangka mampu menembus pasar nasional bahkan internasional.

Baca Juga: Intip Potensi Kekuatan Indonesia Jadi Produsen Halal Dunia

Direktur Operasional PT Indomarko Wisama Utama Horas menyampaikan, para pelaku usaha tersebut nantinya akan berkesempatan untuk menjual produk olahannya di Indomaret. Apabila mampu menarik minat masyarakat luas tidak menutup kemungkinan akan dijual di Indomaret luar Pulau Bangka.

"Kita akan melakukan pelatihan serta pembinaan mulai dari pemenuhan syarat seperti sertifikat halal, BPOM hingga teknik pengemasan yang menarik. Produk olahan tersebut juga akan dipajang di gerai Indomaret nantinya," ujar Horas.

Selain itu para peserta nantinya akan diundi untuk mendapatkan bantuan berupa 2 unit gerobak etalase secara gratis. Selain gerobak, peserta tersebut juga berhak menjual produknya di halaman Indomaret.

Bupati Bangka (Foto: Pemkab Bangka)


Bupati Bangka Mulkan juga menyambut baik dengan rencana pelatihan yang akan dilaksanakan tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya dalam peningkatan kapasitas serta daya saing para pelaku UMKM.

"Inilah suatu bentuk sinergisitas bagi para pelaku usaha usaha kita serta modal bagi masyarakat dalam mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan usahanya. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini nantinya dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan perekonomian para pelaku usaha UMKM. Salah satunya melalui subsidi bunga pinjaman 0 persen di Bank Sumsel Babel bagi para pelaku UMKM.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini