Terbesar di Dunia, Smelter Freeport Olah 1,7 Juta Ton Konsentrat Tembaga Serap 40 Ribu Tenaga Kerja

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2485004 terbesar-di-dunia-smelter-freeport-olah-1-7-juta-ton-konsentrat-tembaga-serap-40-ribu-tenaga-kerja-fb9jMn6JJE.jpg Smelter Freeport (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap adanya pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, dapat menjadi daya tarik bagi industri lainnya untuk berinvestasi.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di KEK Gresik akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke KEK gresik ini khususnya industri turunan tembaga, untuk ikut berinvestasi di sini," ujarnya sebagaimana dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kehadiran Freeport Akan Jadi Daya Tarik Industri Masuk KEK Gresik

Menurutnya, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh agar iklim investasi di Indonesia khususnya di KEK Gresik semakin baik.

Baca Juga: Tak Ingin Kecewa! RI Punya Tambang Terbesar Dunia, Jokowi: Jangan Sampai Hilirisasi di Negara Lain

"Seperti yang diminta oleh Pak Menko tadi infrastrukturnya terus akan kita dukung, kemudahan dan kepastian berusaha akan kita dukung, kemudian ketersediaan SDM sesuai dengan kebutuhan industri juga nanti pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," jelas dia.

Smelter PT Freeport yang dibangun dengan single line ini adalah yang terbesar di dunia. Bahkan memiliki kapasitas untuk mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga pertahun.

Selain itu, pembangunan ini juga diklaim menyerap 40 ribu tenaga kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini