RI Punya Smelter Terbesar di Dunia Senilai Rp42 Triliun

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2485197 ri-punya-smelter-terbesar-di-dunia-senilai-rp42-triliun-yUqFgkTlz3.jpg Jokowi Resmikan Smelter Freeport (Foto: Dokumentasi Freeport Indonesia)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan smelter terbesar di dunia pada Selasa 12 Oktober 2021.

Smelter ini milik PT Freeport Indonesia dengan nilai investasi Rp42 triliun dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, hari ini saya nyatakan dimulai groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan KEK Gresik Provinsi Jawa Timur," ucap Jokowi dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Proses pembangunan smelter ini diperkirakan menyerap 40 ribu tenaga kerja. Smelter yang akan dibangun dengan single line ini diklaim mampu hasilkan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Presiden Jokowi optimistis smelter ini akan berdampak positif untuk perekonomian Tanah Air.

Apalagi, Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Namun, banyak yang tidak tahu mengenai kondisi ini. Potensi tersebut harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang besar. Sangat besar. Masuk kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita enggak tahu. Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," ucapnya.

Baca Selengkapnya: Resmikan Pembangunan Smelter Freeport, Presiden Jokowi: Terbesar di Dunia

 

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini