3 Hal yang Dinilai HRD saat Wawancara Kerja

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 622 2486251 3-hal-yang-dinilai-hrd-saat-wawancara-kerja-zhlybTrrlM.jpg Tips wawancara kerja (Foto: commons)

JAKARTAWawancara kerja adalah tahapan yang harus dihadapi calon pekerja. Tentu wawancara kerja menjadi kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Setiap perusahaan pasti memiliki kriteria masing-masing dalam merekrut calon pekerjanya. Di mana, dalam hal ini HRD mempunyai peranan yang sangat penting. Salah satunya, yakni terkait Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga: 5 Tipe Pekerja yang Diincar HRD

Merasa gugup saat wawancara merupakan hal wajar. Namun perlu diketahui, HRD tidak hanya menilai calon karyawan dari CVnya.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada tiga hal penting yang dilihat HRD dalam merekrut calon karyawan selain dari CV.

Baca Juga: Sempat Nganggur Lama, Berikut Tips Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja

“Apa saja sih poin penting yang HRD lihat dalam merekrut calon karyawannya selain dari CV? Ada beberapa cara yang sering HRD gunakan untuk bisa mengetahui sifat asli dari calon karyawannya,” tulis akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (14/10/2021).

Berikut tiga hal penting yang dilihat HRD dalam merekrut calon karyawan selain dari CV:

1. HRD Menilai Kesan Pertamamu

Penampilan dan attitude Anda harus oke saat wawancara, baik online maupun offline.

2. HRD Suka Kandidat Jujur daripada Mencoba Terlihat Hebat

Cukup jawab setiap pertanyaan dengan tenang dan jujur ya. HRD bisa menilai value yang ada pada diri Anda.

3. HRD Diam-Diam Mengecek Medsosmu

Mulai sekarang coba cek medsos Anda lebih teliti. Jangan sampai sifat asli Anda justru lebih terlihat di medsos daripada saat wawancara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini