Kartu Sembako di Top Up, Dana Rp300 Ribu Segera Cair

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 320 2492031 kartu-sembako-di-top-up-dana-rp300-ribu-segera-cair-fJYkh931nR.jpg Penerima Kartu Sembako Segera Diperpanjang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah segera memperpanjang penerimaan kartu sembako hingga akhir tahun. Kartu sembako merupakan salah satu bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai sebesar Rp300 ribu.

Baca Juga: Gelombang 22 Jadi Program Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini

Hal ini dilakukan dalam mencegah kemiskinan ekstrem yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Top up kartu sembako. Top up ini menggunakan dana optimilasi di Kementerian Sosial masing-masing dapat Rp300 ribu," kata Airlangga Hartato dalam video virtual, Selasa (26/10/2022).

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka, Kuotanya Hanya 46 Ribu Peserta

Kata dia, bantuan sembako inu akan disalurkan ke 35 kabupaten di Indonesia. Nantinya, yang mendapatkan sembako ini masyarakat miskin yang kesulitan hidup. Nantinya, akan dilakukan pendataan oleh Kementerian Sosial.

"Di mana November dan di Desember ini dilakukan tiga bulan masing-masing Rp300 ribu ke 35 kabupaten. Nanti akan ada sensus penduduk miskin di bulan Desember," katanya.

Senada yang sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pemerintah akan memperbaiki data peneriman bantuan sembako ini. Apa yang dilakukan untuk menyalurkan bantuan sembako tepat sasaran.

"Penerima kartu sembako dan penerima PKH selama akhir tahun dan akan pastikan bisa membantu masyatakat paling miskin yang menerima ini bisa kurangi erornya, ini menggunakan anggaran PEN dan APBN," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini