Share

Simak Ya! 4 Langkah Bikin Ide Bisnis Jadi Nyata

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Rabu 10 November 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 622 2499898 simak-ya-4-langkah-bikin-ide-bisnis-jadi-nyata-i5w2Wu1vsI.jpg Ide Bisnis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ide bisnis terkadang menjadi hambatan seseorang untuk memulai usaha. Ada ketakutan seperti ide tersebut sudah terlalu mainstream sehingga khawatir bisnis tidak akan laku

Namun, hal yang sesungguhnya diperlukan dalam mencari ide bisnis adalah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Laku atau tidaknya suatu bisnis tergantung apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar pelaku usaha.

Hal itu dipaparkan oleh Helga Angelina, pendiri dan CEO dari Burgreens dan Green Rebel Foods dalam program mentoring “Every U Does Good Heroes” yang diadakan oleh PT Unilever Indonesia Tbk, Rabu (10/11/2021). Ia juga memaparkan 4 langkah untuk mewujudkan ide seperti pada rangkuman di bawah ini.

1. Temukan Faktor “Mengapa?”

Dalam kehidupan sehari-hari, masalah sering kali ditemukan sekalipun pada hal yang sederhana. Untuk menemukan ide bisnis yang tepat, mulai cari keresahan apa yang sedang dialami sendiri dan orang sekitar. Setelah itu, cobalah untuk mencari peluang.

Baca Juga: Daftar 8 Franchise Murah Modal Rp1 Jutaan

2. Cari Peluang

Mencari peluang dapat dilakukan dengan cara-cara seperti observasi, riset, hingga mencari inspirasi dari kota/negara lain yang memiliki permasalahan serupa dengan lingkungan sekitar. Pada kasus ini, Helga memberi contoh bagaimana Nadiem Makarim pada akhirnya mendirikan Gojek.

Baca Juga: Modal dan Syarat Jadi Agen Gas Elpiji 3 Kg

“Nadiem Makarim pertama kali kepikiran ide bikin Gojek adalah dia males naik mobil kalau lagi buru-buru, kepengin naik ojek, tapi susah banget nyari abang ojek gitu. Padahal abang ojek juga banyak yang nganggur, susah banget cari customer. Jadi dari observasi, personal pain di kehidupan sehari-hari dia, ‘Oh ini kayaknya dialami banyak orang’, dia mulai mencari solusi yaitu membuat platform yang menghubungkan si ojek dan customer. Semuanya dibuat transparan,” jelas Helga.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Berbuat Baik kepada Diri Sendiri

Menurut Helga, ide akan lebih cepat datang saat otak sedang dalam keadaan rileks. Oleh karena itu, keseimbangan antara bekerja dan istirahat sangat diperlukan oleh para calon pebisnis. Pola hidup sehat juga perlu diterapkan.

“Work hard of course, tapi selalu ada waktu rest yang cukup. Terus healthy living mulai dari makan sehat, olahraga, play, spend time bersama keluarga atau temen, dan practicing mindfulness,” ujarnya.

4. Visualisasikan Ide

Agar ide sepenuhnya tergambar, buat visualisasinya dengan brainstorming, membuat mind-map, atau workshop. Jika langkah ini terselesaikan, ide tersebut akan menjadi sebuah prototipe atau rencana bisnis yang lebih matang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini