Share

Bukti Ekonomi Pulih, Aktivitas Masyarakat di Tempat Belanja Meningkat

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 15 November 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 320 2501922 bukti-ekonomi-pulih-aktivitas-masyarakat-di-tempat-belanja-meningkat-tYGsq6iG4A.jpg Pemulihan ekonomi mulai terjadi karena peningkatan mobilitas masyarakat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia mulai pulih seiring dengan menurunnya PPKM di sejumlah wilayah. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan Oktober 2021, mobilitas masyarakat sudah membaik dibandingkan dengan periode sebelumnya di September 2021.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan bahwa Aktivitas di rumah sudah ada penurunan, di mana September angkanya 6,3% dan di Oktober 5%.

Baca Juga: Para Pemimpin APEC Janji Atasi Pemulihan Ekonomi hingga Perubahan Iklim

"Artinya aktivitas di rumah menurun dan sebaliknya, beberapa aktivitas di tempat perdagangan, ritel, dan rekreasi sudah mengalami perbaikan, bahkan lebih di atas normal, angkanya di 4,3%," ujar Margo dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin(15/11/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Seluruh Negara APEC Perkuat Kerjasama Bangkitkan Ekonomi

Kemudian, aktivitas di tempat perbelanjaan dan kebutuhan sehari-hari, meningkat dibanding September 2021. Angka di Oktober 24,6%, yang lebih tinggi dari kondisi normal di tahun 2020. Angka aktivitas 1,8% di taman, sudah di atas kondisi normal.

"Untuk tempat transit dan bekerja sudah ada perbaikan meski belum kembali ke kondisi normal apabila dibandingkan dengan bulan Januari dan Februari lalu sebagai baseline," ungkap Margo.

Membaiknya mobilitas ini, sambung dia, berdampak terhadap perbaikan aktivitas ekonomi. Jika mobilitas dijaga dan aktivitas ekonomi semakin membaik, harapannya pemulihan ekonomi bisa sesuai yang diharapkan.

"Dari catatan mobilitas ini saya menghimbau, meski mobilitas sudah mulai normal, protokol kesehatan harus tetap dijaga, mengingat di berbagai negara seperti Singapura, Eropa, dan lainnya memasuki gelombang baru yang tentunya juga berdampak ke pemulihan ekonomi masing-masing negara," pungkas Margo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini