Erick Thohir Tantang Jepang Alihkan Industri Otomotif dari Thailand ke Indonesia

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 320 2503068 erick-thohir-tantang-jepang-alihkan-industri-otomotif-dari-thailand-ke-indonesia-jywB7tRvFs.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir tantang Jepang untuk mengalihakan investasi industri otomotif dari Thailand ke Indonesia. Pertimbangannya, Indonesia menjadi market otomotif terbesar di dunia.

Dibandingkan Pasar Thailand, industri otomotif di pasar dalam negeri masih didominasi produk Jepang.

Baca Juga: Tempat Hiburan Mulai Dibuka, Satgas Covid-19 Minta Pengelola Jujur Tegakkan Prokes

"Industri mobil Jepang di Indonesia sangat tinggi, kembali Jepang berani gak memindahkan sebagian investasinya dari Thailand ke Indonesia. Karena ini kita tinggi lho, salah satu market terbesar mobil itu Indonesia, kalau gak salah kita lebih dari Thailand," ujar Erick, Rabu (17/11/2021).

Pemerintah memang tengah membidik sejumlah investor asal negara Sakura itu untuk menguatkan industri otomotif di Indonesia. Misalnya, pada Maret 2021 lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berkunjung ke Jepang guna menemui sejumlah perusahaan otomotif di negara setemoat.

Baca Juga: Perokok Berisiko 2,5 Kali Lebih Tinggi Meninggal Akibat Covid-19

Dalam kunjungan itu, Agus memastikan adanya penguatan investasi, sekaligus menggodok komitmen investasi baru antara Jepang dan Indonesia.

Tercatat, sejumlah perusahaan asal Jepang telah membuat komitmen investasi dengan Indonesia. Misalnya, Honda Motor Company Ltd berkomitmen menggelontorkan nilai investasi sebesar Rp5,2 triliun, sedangkan Suzuki Motor Corporation berencana menginvestasikan dana senilai Rp1,2 triliun.

Berikutnya, ada Toyota Motor Corporation yang merealisasikan investasi yang sudah ada sebesar Rp 28 triliun dan Mitsubishi Motors Corporation yang menyampaikan rencana investasi Rp11,2 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini