Buat Pengemplang Pajak, DJP: Bertobatlah!

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2506324 buat-pengemplang-pajak-djp-bertobatlah-3O32O9nLpP.jpg Ditjen Pajak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meminta pengemplang pajak untuk segera bertobat

DJP tidak mengutamakan jalur pidana, namun meminta kesadaran pribadi untuk melapor, menghitung, dan membayar kewajibannya.

"Saya tegaskan, tindak pidana tetap akan diberlakukan jika ada unsur bukti melakukan kecurangan dalam membayar pajak. Jika ada yang melakukan secara nyata terpenuhi unsur buktinya melakukan tindak pidana, sudah barang tentu penegakan hukum harus kita jalankan walaupun itu bukan tujuan utama," ujar Direktur Penegakan Hukum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Eka Sila Kusna Jaya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Stafsus Sri Mulyani: Dari Lahir hingga Meninggal Berurusan dengan Pajak

Dia menjelaskan, semangat yang ada di pihak DJP dalam menegakkan pidana perpajakan adalah ultimum remedium. Ini adalah cara memastikan bahwa kerugian pada pendapatan negara bisa dipulihkan.

"Kami ingin ada efek jera bagi pelaku pengemplang pajak atau yang melakukan kecurangan dalam perpajakan, ini bagian dari unsur kita pencegahan supaya yang berniat jahat, kurungkanlah. Kalau yang sudah melakukan kejahatan walaupun itu kecil kemungkinan, tapi bertobatlah dan segera melaporkan untuk diselesaikan pemenuhan kewajibannya dengan baik," katanya.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini