Viral Pedagang Online Tak Punya NPWP Ditagih Pajak Rp35 Juta

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 320 2506661 viral-pedagang-online-tak-punya-npwp-ditagih-pajak-rp35-juta-RwYGnHVgbY.jpg Viral Pedagang Online Ditagih Pajak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Viral penjual di salah satu e-commerce ternama Indonesia ditagih pajak hingga Rp35 juta. Hal ini ramai diperbincangkan melalui media sosial Twitter dan diunggah pertama kali oleh akun @*******onlshop.

Kasus yang terjadi adalah salah seorang penjual yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akhirnya ditagih Rp35 juta setelah tidak membayar pajak selama dua tahun.

Baca Juga: Buat Pengemplang Pajak, DJP: Bertobatlah!

Sejak menerima penagihan tersebut, penjual bernama Karina itu baru mengetahui bahwa semua data penjualannya melalui marketplace tersebut diberikan ke kantor pajak.

"Mulai sekarang, perhitungkan jualan di sh*p*e dengan potongan pajak, admin, dan lain-lain ... ," tulisnya dalam sebuah posting-an media sosial yang diunggah kembali ke Twitter.

Pasalnya, Karina mendadak mendapatkan kiriman surat tagihan dari Kantor Pelayanan Pajak dengan hal Klarifikasi dan Imbauan Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan. Surat ini pun dia cantumkan pada unggahan tersebut.

Mengutip pesan singkat antara seorang penjual dengan pihak e-commerce, dikonfirmasi bahwa pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) memang perlu dibayarkan secara manual oleh penjual yang berstatus "mall".

Meski begitu, penjual tersebut dapat mengajukan pengembalian PPh dengan mengirim dokumen tertentu pada pihak e-commerce.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini