Mendag: Bisnis Waralaba Punya Potensi Besar dan Menjanjikan

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 455 2513173 mendag-bisnis-waralaba-punya-potensi-besar-dan-menjanjikan-r1i70jilhV.jpg Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi ungkap bisnis waralaba punya potensi besar dan menjanjikan (Foto: Dokumentasi Kemendag)

JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia usaha masih dirasakan hingga saat ini, termasuk sektor waralaba. Pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha waralaba harus beradaptasi dengan kondisi new normal.

Namun Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meyakini, pelaku usaha harus tetap optimis karena pada tahun 2020 bisnis waralaba di Indonesia masih tetap dapat berkontribusi dalam penyerapan 628.000 tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp54,4 miliar.

Baca Juga: Peluang Bisnis Waralaba

"Pemerintah juga terus mendorong pengembangan bisnis waralaba dalam negeri karena potensi pasar Indonesia yang besar dan menjanjikan," ujarnya dalam pembukaan Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021, Selasa (7/12/2021).

Menurut Mendag, saat ini Indonesia tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing. Hal ini karena waralaba lokal sudah menjadi tuan rumah dan menguasai pasar dalam negeri, bahkan mulai merambah ke pasar regional.

Baca Juga: Ini Cara Raih Modal dalam Bisnis Franchise

"Saya optimis dengan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan asosiasi maka waralaba kita dapat menguasai dan bersaing di pasar global," ungkapnya.

Mendag berharap melalui Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021 yang diselenggarakan pada 7-13 Desember 2021, para pelaku usaha waralaba dapat memperoleh masukan yang positif dalam pengembangan bisnis waralaba Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, selama pandemi Covid-19 yang hampir dua tahun ini banyak perusahaan waralaba mengalami penutupan gerai terutama disebabkan oleh pembatasan sosial dan mobilitas. Seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah dan sektor swasta telah berupaya agar ekonomi Indonesia bisa bertumbuh kembali. Hal ini dibuktikan dengan membaiknya indikator ekonomi nasional.

"Diharapkan dengan acara Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021, kita bisa mendorong peningkatan konsumsi domestik yang pada akhirnya akan menciptakan permintaan domestik dan pada gilirannya akan menarik pelaku bisnis mau melakukan investasi dan berbagai kegiatan lainnya," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini