Share

Jokowi Resmikan Holding BUMN Pariwisata, Erick Thohir: Kita Sedikit-Sedikit Keluar Negeri

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 320 2531824 jokowi-resmikan-holding-bumn-pariwisata-erick-thohir-kita-sedikit-sedikit-keluar-negeri-eCqQc0yg9U.png Erick Thohir (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Injourney atau Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya.

Peluncuran Injourney dilakukan di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Injourney akan fokus pada pembangunan pariwisata domestik yang potensial yang saat ini belum terintegrasi.

"Kami tentu Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya tidak lain, kita ingin memfokuskan bagaimana kesempatan kita untuk membangun dan menciptakan potensi pariwisata domestik yang potensial yang saat ini masih sangat besar, tetapi kurang terintegrasi," ujar Erick dalam peresmian tersebut, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Hari Ini Resmikan Holding BUMN Pariwisata

Erick mencatat, holding juga akan membangun ekosistem ekonomi. Ekosistem ini akan menggandeng seluruh stakeholder terkait seperti pemerintah pusat, daerah, swasta, pengusaha dan UMKM. Sehingga akan membuka kesempatan pada semua pihak untuk terlibat dalam pembangunan ekosistem di Tanah Air.

"Kita juga memikirkan, bagaimana ekosistem BUMN tidak hanya dimiliki oleh BUMN, justru kita membuka selebar-lebarnya. Karena membangun ekosistem itu adalah tentang kita menggabungkan stakeholder menjadi kekuatan sendiri buat ekosistem yang namanya ekosistem Indonesia," katanya.

Erick meminta semua pihak bersama dan bergotong royong dalam pembangunan ekosistem Indonesia. Ekosistem ini, tegas dia, sebagai jalan untuk membuka pasar bangsa dan melibatkan generasi muda di dalamnya untuk berperan aktif.

"Negara lain punya ekosistemnya sendiri, sedangkan kita masih sedikit-sedikit keluar negeri. Kesehatan, pendidikan bahkan jalan-jalan keluar negeri. Bukan kita anti asing, tapi bagaimana kita membalance market besar ini untuk kepentingan job creation dan pembukaan dari pada new business buat new generation," katanya.

Dia mencontohkan, Kementerian BUMN dapat bekerja sama dengan platform media generasi muda yang merupakan pihak swasta untuk ikut membangun ekosistem pariwisata. Kolaborasi bersama platform media generasi muda bertujuan untuk menggaet pasar anak-anak muda Indonesia.

"Hal-hal ini yang saya rasa bisa menjadi kolaborasi yang lebih besar, dan kita akan dorong ke depan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini