Share

Menko Luhut Sebut Perang Lawan Covid-19 Omicron Dimulai

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 320 2535522 menko-luhut-sebut-perang-lawan-covid-19-omicron-dimulai-khqZ6v2qAZ.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa kasus varian Omicron telah terjadi sebagian besar dari pelaku perjalanan luar negeri dan tengah melakukan penanganan isolasi di kawasan Jabodetabek.

Menurut dia kasus Omicron saat ini sebagian besar terjadi di daerah Jakarta yang bahkan dengan capaian vaksinasi dosis 1 dan 2-nya sudah tinggi.

Baca Juga: Masuk Daftar Negara Terbaik Tangani Covid-19, Luhut: Indonesia Itu Sakti!

"ًJadi perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus Omicron telah terjadi di wilayah Jabodetabek, yakni DKI Jakarta, Banten, Bekasi, Depok dan Bandung Jawa Barat,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (21/1/202/).

Dia juga meminta pemerintah pusat dan daerah yang di kwasan Jabodetabek agar segera mengakselerasi program vaksinasi booster.

“Untuk itu vaksinasi booster harus segera dikejar di daerah Jabodetabek. Mengingat Jabodetabek adalah pusat mobilitas, penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat,” ujarnya.

Baca Juga: Luhut Kesal: Tahu Cuma Sepotong, Komentar Sampai Langit ke Tujuh

Menko Luhut menghimbau kepada sejumlah daerah dan provinsi lain umtuk tetap bersiap jika terjadi peningkatan signfikan.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan bahwa saat ini kasus terbanyak ada di DKI Jakarta dan segera akan menyebar ke daerah di sekitarnya.

“Saat ini kita harus kembali meningkatkan testing dan tracing untuk mengetahui penyebaran yang terjadi di sekitar kita, dan terus meningkatkan vaksinasi,” jelasnya.

Seperti diketahui, Menko Luhut dengan tegas mengingatkan kepada seluruh kepala daerah, baik Bupati, Walikota, Pangdam, Kapolda, dan seluruh jajaran dibawahnya untuk jujur terhadap data kasus covid dan meminta agar tidak ada yang ditutupi agar segera dapat ditentukan langkah yang benar dan terukur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini