Share

Masuk Daftar Negara Terbaik Tangani Covid-19, Luhut: Indonesia Itu Sakti!

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 320 2534403 masuk-daftar-negara-terbaik-tangani-covid-19-luhut-indonesia-itu-sakti-X8jM40m6DG.png Menko Luhut (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan alasan Indonesia masuk daftar negara terbaik menangani pandemi Covid-19.

Luhut menilai banyak negara memuji Indonesia atas keberhasilannya dalam menangani pandemi Covid-19, sehingga berdampak kepada kemajuan dan pemulihan perekonomian Indonesia.

“Saya merenung tadi di pesawat kepada pak Sofyan Djalil, ;kenapa sih Indonesia kok dipuji-puji penanganan covidnya'. Saya lihat-lihat (pikir-pikir) ternyata Indonesia itu sakti. Begitu Indonesia kerja kompak itu terkoordinasi dengan baik diharmonisasi dengan baik maka kita menjadi salah satu negara dengan penanganan Covid-19 terbaik,” kata Luhut dalam sambutan Peluncuran Gernas BBI secara virtual di Jambi, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Luhut: Kalau Anda Lihat Tak Ada Negara di Dunia yang Telaten Tangani Covid-19 seperti Indonesia

Luhut menjelaskan, semua data dan hasil kinerja penanganan pandemi Covid-19 bisa dilihat, sementara untuk datanya secara transparan tanpa bisa membohongi siapa pun.

“Anda bisa lihat, data enggak bisa bohong. Itu data kita yang terbaik, sekarang kita hadapi lagi Omicron sudah satu setengah bulan menghadapi ini masih landai (sudah mulai naik) tapi relatif aman,” kata Luhut.

 

Luhut mengatakan, saat ini sebagian masyarakat masih patuh dengan penerapan protokol kesehatan dan pemerintah terus mengambil langkah dalam mengakselerasi program vaksinasi hingga booster untuk menjaga imunitas

“Mereka juga masih sadar pakai masker, cuci tangan, ada regulasi PeduliLindungi itu sangat membantu jadi disiplin kita semua ini sangat penting, tidak perlu saling menyalahkan dan menengkarkan penyakit ini, kita juga sudah menanyakan ahli-ahlinya,” tambahnya.

Sementara itu, Luhut melihat ekonomi di Indonesia pun dinilai menjadi ekonomi paling baik di tengah pandemi Covid-19 dan berpengaruh terhadap nilai ekspor dan impor pada 2021.

“Di dalam keseimbangan penanganan covid-19, nilai ekpor kita tahun lalu adalah yang tertinggi sepanjang sejarah USD233 miliar, belum pernah tercapai. impor kita juga tinggi USD193 miliar ini bertahan kepada ketahanan Rupiah,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini