Share

'Harta Karun' Super Langka, Ternyata Logam Tanah Jarang Jadi Komponen Mobil Listrik hingga Rudal

Athika Rahma, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 320 2536389 harta-karun-super-langka-ternyata-logam-tanah-jarang-jadi-komponen-mobil-listrik-hingga-rudal-xV2TWc8GxQ.jpg Ilustrasi Logam Tanah Jarang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Manfaat dari logam tanah jarang atau rare earth akan diulas dalam artikel ini. Logam tanah jarang disebut-sebut sebagai 'harta karun' super langka yang kini diperebutkan dunia.

Terbaru, Badan Geologi menemukan adanya kandungan mineral super langka bernama logam tanah jarang di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Logam ini termasuk ke dalam jenis rare earth yang memiliki banyak manfaat dan telah diburu sejak abad ke-18.

Apa saja manfaatnya?

Mengutip berbagai sumber, Minggu (23/1/2022), logam tanah jarang digunakan untuk menyempurnakan produk teknologi terutama di bagian lapisan layarnya.

Baca Juga: Mengejutkan! Ada Logam Tanah Jarang di Lumpur Lapindo, 'Harta Karun' Super Langka

Lalu, logam ini juga memiliki kekuatan magnet yang cukup besar sehingga dimanfaatkan untuk pembuatan neomagnet.

Tak hanya di sisi teknologi, di sisi otomotif, logam ini juga menjadi bahan baku pendukung mobil listrik, mulai dari tenaga penggerak mobil sampai logam pelapis kendaran listrik. Material super langka ini mampu menambah kekuatan logam lainnya.

Mineral ini juga mendukung produksi alutsista seperti satelit, rudal, laser dan lainnya. Manfaat lainnya ialah menjadi bahan baku pembuatan pembangkit listrik, penyimpanan listrik, pendukung tambang, hingga mendukung produk teknologi untuk mendeteksi kanker dan jenis penyakit lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini