Share

Wow! Ibu Kota Nusantara Bakal Punya Bandara Antariksa hingga Tol Bawah Laut, Ini 4 Fakta Sebenarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 470 2537490 wow-ibu-kota-nusantara-bakal-punya-bandara-antariksa-hingga-tol-bawah-laut-ini-4-fakta-sebenarnya-lML5inQx9H.png Desain Istana Negara Garuda (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pembangunan ibu kota negara (IKN) baru resmi dimulai setelah disahkannya RUU tentang Ibu Kota Negara menjadi UU.

Berbagai infrastruktur akan mulai dibangun, mulai dari tol bawah laut hingga bandara antariksa.

Berikut fakta-faktanya, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

1. Bandara Antariksa

Pembangunan bandara antariksa ini pertama kali dilontarkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

“Mungkin Ketua Pansus sudah datang ke SpaceX di LA. Mereka minta titik Indonesia itu di IKN selain Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan yang luar biasa,” kata Suharso dalam Rapat Panja IKN di DPR RI, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Pertama di RI! Tol Bawah Laut Dibangun di Ibu Kota Baru, Cek 5 Faktanya

2. Manfaat Bandara di IKN

Suharso menyebut dengan adanya landasan itu, penerbangan ke Amerika Serikat (AS) hanya bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.

"Jadi dari Indonesia ke AS cuma 1,5 atau 2 jam. Mudah-mudahan tidak mampir ke kutub utara," ucap dia.

3. Tol Bawah Laut

 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan, selama ini infrastruktur untuk menyeberang sungai atau muara menggunakan jembatan, namun di IKN nantinya akan dibangun tol bawah laut.

"Jadi ada semacam terowongan itu ditenggelamkan, di laut atau disungai sehingga kendaraan bisa melintas," ujarnya pada konferensi pers, Jakarta, Senin (24/1/2022).

 

4. Terhubung dengan Tol Balikpapan-Samarinda

Danang mengatakan bahwa kalau dikaitkan dengan koneksi maka terowongan bawah air itu akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

"Nanti akan ada satu tempat di mana akan tersambung ke IKN dan di situlah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini