Share

Investor Awal Facebook dan Orang Kepercayaan Mark Zuckerberg Mundur dari Meta, Kenapa?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Selasa 08 Februari 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 622 2543933 investor-awal-facebook-dan-orang-kepercayaan-mark-zuckerberg-mundur-dari-meta-kenapa-1kV6YTqICI.jpg Orang Kepercayaan Mark Zuckerberg Mundur dari Meta. (Foto: Okezone.com/Diario)

JAKARTA – Investor teknologi miliarder dan Co-founder PayPal, Peter Thiel mengundurkan diri sebagai dewan Meta. Hal ini diumumkan perusahaan pada Senin 7 Februari 2022.

Melansir CNBC, Selasa (8/2/2022), Thiel adalah investor awal Facebook dan orang kepercayaan CEO Mark Zuckerberg. Dia menyatakan tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih kembali sebagai dewan pada rapat pemegang saham tahunan perusahaan tahun 2022. Dia akan terus melayani di dewan sampai pertemuan tahunan, kata perusahaan itu.

Thiel telah berada di dewan Facebook sejak 2005. Sejak saat itu, perusahaan tersebut telah menyentuh kapitalisasi pasar USD1 triliun dan menghasilkan lebih dari USD117 miliar pendapatan pada 2021.

Baca Juga: Pemerkosaan di Horizon Venues, Prabu Revolusi: Belum ada Aturan di Dunia Metaverse

Pada Rabu, Facebook mengeluarkan perkiraan kuartal pertama yang sangat meleset dari perkiraan, membuat saham turun. 26% pada hari berikutnya, itu merupakan rekor penurunan terburuk.

Sementara Thiel dipuji karena berinvestasi di Zuckerberg ketika pengusaha itu masih berstatus mahasiswa dengan situs web populer, masa jabatannya di perusahaan itu penuh dengan kontroversi.

Thiel membuang sebagian besar sahamnya dalam IPO perusahaan tahun 2012 dan tidak lama setelahnya, dan dia tidak menghindar dari berinvestasi di perusahaan rintisan lain yang bersaing dengan Facebook atau menggunakan datanya dengan cara yang tidak sah.

Baca Juga: Meta Siapkan Fitur Baru untuk Cegah Pelecehan di Metaverse

Tapi pandangan politiknya telah menyebabkan kekacauan terbesar. Thiel adalah pendorong aktif untuk Donald Trump selama kampanye presiden 2016, bahkan ketika kandidat Partai Republik itu mengekspresikan pandangan ekstrem tentang imigrasi dan menghadapi banyak tuduhan pelanggaran seksual.

Thiel menginvestasikan USD500.000 di thefacebook.com pada tahun 2004, menjadi investor luar pertama yang signifikan di situs jejaring sosial yang berkembang pesat yang menyebar di sekitar kampus. Setahun kemudian, Zuckerberg berganti nama menjadi perusahaan Facebook.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelum investasi Facebook, Thiel membuat kekayaan awalnya sebagai salah satu pendiri PayPal. Dia kemudian pindah ke investasi, pertama melalui dana lindung nilai dan kemudian sebagai pemodal ventura.

Thiel memulai Founders Fund pada tahun 2005 dengan Ken Howery dan Luke Nosek, yang dia kenal dari PayPal. Perusahaan telah mendukung perusahaan termasuk platform pembayaran Stripe, pemberi pinjaman online Affirm dan situs berbagi kamar Airbnb.

Thiel juga telah melakukan investasi yang tampaknya bertentangan dengan minatnya di Facebook. Misalnya, pada tahun 2019 ia mendukung perusahaan rintisan bernama Clearview AI, yang menggores profil internet untuk membuat alat pengenalan wajah yang dapat digunakan oleh penegak hukum. Facebook mengatakan kepada perusahaan untuk berhenti menggunakan datanya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini