Share

Jokowi Minta Warga RI yang Bekerja di Luar Negeri Segera Pulang, Kenapa?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Maret 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 320 2554842 jokowi-minta-warga-ri-yang-bekerja-di-luar-negeri-segera-pulang-kenapa-gdGk4GX7PC.jfif Jokowi minta warga RI yang bekerja di luar negeri segera pulang. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar warga asli Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk kembali pulang ke tanah air.

Hal itu diminta Jokowi demi membangun sistem digital Indonesia yang lebih baik.

"Ekonomi yang kondusif harus kita bangun bersama-sama, dan digital talent yang kita miliki, yang ada di luar, memang harus kita undang kembali ke Tanah Air. Digital talent baik di bidang AI (artificial intelligent), di cloud computing, di digital design, di digital marketing, di blockchain," kata Presiden saat meresmikan Sea Labs Indonesia secara daring, Selasa (1/3/2022).

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Perang Rusia-Ukraina Menambah Ketidakpastian Global

Jokowi menyebut kalau ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang besar. Dan diperkirakan pada 2025 potensi ekonomi digital Indonesia mencapai USD146 Miliar.

"Saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air, dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik," jelasnya.

"Dan kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik 8 kali di tahun 2030 yaitu di angka Rp 4531 triliun. ini angka yang sangat besar sekali dan seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021," tambahnya.

 BACA JUGA:Tiba di Solo, Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Pakde Miyono

Sebagai informasi, dari informasi Sea Labs Indonesia pada 2023 diperkirakan ada 1.000 orang SDM bertalenta digital yang bisa kembali ke dalam negeri.

Baca Selengkapnya: Minta Warga RI Bekerja di Luar Negeri Pulang, Jokowi: Bangun Sistem Digital yang Lebih Baik

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(ZWD)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini