Share

WNI Hebat di Luar Negeri Diminta Pulang ke Tanah Air, Simak Faktanya

Tim Okezone, Okezone · Senin 07 Maret 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 320 2557274 wni-hebat-di-luar-negeri-diminta-pulang-ke-tanah-air-simak-faktanya-VMMxV6eNNZ.jpg Jokowi minta warga RI bekerja di luar negeri pulang ke tanah air. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk kembali pulang ke Tanah Air.

"Ekonomi yang kondusif harus kita bangun bersama-sama, dan digital talent yang kita miliki, yang ada di luar, memang harus kita undang kembali ke Tanah Air. Digital talent baik di bidang AI (artificial intelligent), di cloud computing, di digital design, di digital marketing, di blockchain," ujar Jokowi.

Berikut fakta seputar orang hebat Indonesia yang diminta Jokowi pulang ke tanah air:

1. Ada 1.000 Orang SDM Bertalenta Digital

Sebagai informasi, dari informasi Sea Labs Indonesia pada 2023 diperkirakan ada 1.000 orang SDM bertalenta digital yang bisa kembali ke dalam negeri.

2. Ekonomi Digital Indonesia Punya Potensi Besar

Jokowi menyebut bahwa ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang besar. Dan diperkirakan pada 2025 potensi ekonomi digital Indonesia mencapai USD146 miliar.

"Saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air, dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Kontribusi Ekonomi Digital Indonesia

Diketahui, bahwa kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik 8 kali di tahun 2030 yaitu di angka Rp 4531 triliun.

Jokowi menambahkan, jika ini angka yang sangat besar, serta sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021.

"Saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air, dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik," ucapnya.

4. Ainun Najib

Seperti diketahui, Ainun Najib tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, praktisi teknologi yang bekerja di Singapura ini secara resmi diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk kembali ke Indonesia.

Namun, aksi membujuk ini tampaknya tak mudah lantaran Jokowi berujar bahwa kiai Nahdlatul Ulama (NU) harus ikut turun tangan membujuk pulang Ainun hingga nego besaran gaji.

5. Daftar Orang Hebat yang Pulang Kampung ke Indonesia

- Arcandra Tahar

- Indroyono Soesilo

- Sri Mulyani

- BJ Habibie

Baca Selengkapnya: 5 Fakta Orang Hebat yang Diminta Pulang ke Indonesia

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini