Share

Berkah Ramadan Bikin Pengusaha Cincau Untung Besar, Penjualan 5 Kali Lipat

Avirista Midaada, Okezone · Senin 04 April 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 320 2572930 berkah-ramadan-bikin-pengusaha-cincau-untung-besar-penjualan-5-kali-lipat-wlRxahoxL6.jpg Proses pembuatan cincau. (Foto: MPI)

MALANG - Pengusaha cincau di Kota Malang turut menikmati berkah Ramadan di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat saat pandemi Covid-19.

Hariyati (37), salah satu pengusaha cincau mengalami peningkatan pesanan seiring masuk ke bulan Ramadan.

Dirinya menjelaskan, biasanya ia hanya memproduksi 25 - 30 kotak ukuran sedang, namun selama Ramadan permintaan cincau terjadi peningkatan pesanan.

Tercatat baru dua hari Ramadan saja sudah ada 190 - 200 kotak pesanan.

 BACA JUGA:Pedagang Takjil Benhil Naikkan Harga Imbas Minyak Goreng Mahal

Cincau sendiri menjadi salah satu menu favorit masyarakat ketika buka puasa.

"Alhamdulillah memang ada peningkatan. Karena memang orang yang biasanya tidak beli sekarang menjadi beli untuk dikonsumsi buka puasa," ungkap Hariyati ditemui MNC Portal Indonesia, pada Senin (4/4/2022).

Peningkatan pesanan membuat pengusaha cincau di Jalan RE Martadinata, Gang 6B No 38 , Kelurahan Kotalama, Kota Malang, harus menambah pekerja selama bulan Ramadan.

Sebelum Ramadan tiba, pesanan cincau hanya dikerjakan oleh dirinya, suaminya, dan orang tuanya saja, namun kini terpaksa menambah empat pekerja demi membantu proses produksi.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Ini sampai nambah ada empat pekerja, biasanya hanya dikerjakan saya, suami, dan orang tua saja. Demi membantu memenuhi permintaan pasar," katanya.

Hariyati memprediksi bila permintaan cincau akan terus meningkat sepekan menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, layaknya tahun-tahun sebelumnya.

Setelah itu, perlahan permintaan akan menurun dan produksinya juga dikurangi.

Pasalnya jika sudah mendekati lebaran, banyak masyarakat yang sudah mudik ke kampung halaman masing-masing. Hal itu membuat pembelian juga menurun.

 BACA JUGA:Jadwal Buka Puasa Jabodetabek Hari Ini Pukul 17.59, Yuk Simak Kondisi Penjual Takjil di Benhil

"Permintaan banyak ini biasanya masih terus bertahan sampai pertengahan dan menjelang akhir Ramadan," jelasnya.

Satu kotak cincau yang diproduksinya dijual seharga Rp50.000, dia menyebut harga itu sama dengan saat dijualnya sebelum Ramadan.

Harga tersebut dinilai normal karena memang bahan bakunya yang tak tergolong sulit, dengan harganya yang relatif stabil.

"Untuk bahan baku daun cincau saya ambil dari Ponorogo. Kebetulan saat ini harganya masih stabil. Maka harga jualnya juga bisa tetap," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini