Share

Menteri PUPR Pastikan Jalur Mudik Siap Dilalui saat Mudik Lebaran 2022, Begini Kondisinya

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 22 April 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 470 2583325 menteri-pupr-pastikan-jalur-mudik-siap-dilalui-saat-mudik-lebaran-2022-begini-kondisinya-qUPYAf1Ufb.jpg Menteri PUPR pastikan jalur mudik Lebaran 2022 siap dilalui. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kelancaran mudik lebaran 2022 terdiri tiga hal, pertama prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku penggunaan jalan.

Basuki mengatakan pihaknya memastikan prasarana jalan nasional tol dan non tol serta jembatan siap untuk dilalui para musim mudik lebaran 2022.

Dia mengungkapkan kesiapan jalan tol di Pulau Jawa sudah 100%.

Hal itu karena secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik tahun 2022 sudah dalam kondisi yang baik.

 BACA JUGA:PUPR Buka Jalan Rigid Duduksampeyan, Tidak Ada Contraflow di Pantura saat Mudik Lebaran 2022

Di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional di Pulau Jawa seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus dan juga perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung.

"Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Sehingga, di Pulau Jawa sendiri nantinya ada tiga jalur yang dapat diakses oleh para pemudik, seperti Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah.

Sementara, untuk jembatan di Pulau Jawa, terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah selesai diperbaiki.

 BACA JUGA:Tol Japek II Selatan Dibuka saat Mudik Lebaran, Tarif Masih Gratis

Selanjutnya di Sumatera, perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan juga sudah selesai.

"Saya sudah seminggu lalu ke sana, sudah saya minta ditambah menjadi lima tim untuk perbaikan 150 lubang yang ada, dan sekarang sudah selesai," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini