Share

Erick Thohir Pantau Kesiapan Mudik 2022 di Bandara Soekarno-Hatta

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 26 April 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 320 2585567 erick-thohir-pantau-kesiapan-mudik-2022-di-bandara-soekarno-hatta-qrOKOUTCm1.jpg Erick Thohir pantau kesiapan mudik Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Instagram/Erick Thohir)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan fasilitas dan perangkat bandar udara (bandara) Soekarno-Hatta (Soetta) siap melayani masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2022.

Dia pun telah memantau langsung kondisi bandara Soetta.

"Untuk itu saya memastikan kesiapan fasilitas dan perangkat bandara Soekarno-Hatta dalam mendukung perjalanan mudik masyarakat," ujar Erick melalui alun Instagramnya, Selasa (26/4/2022).

 BACA JUGA:Dear Pemudik! Jangan Lakukan Hal Ini saat di Atas Kapal

Tak hanya itu, Erick juga menyaksikan pemberangkatan mudik gratis sepeda motor yang digelar PT Pelni (Persero) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Menurutnya, pemerintah mencari mudik alternatif yang aman bagi masyarakat, salah satunya melalui kapal laut milik Pelni.

Upaya ini sekaligus menjadi solusi atas upaya mencegah kemacetan di jalur darat.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami mencarikan solusi mudik alternatif aman lainnya yang juga tepat waktu, salah satunya dengan kapal laut. Ini seperti keseimbangan untuk mengurangi beban jalur darat," tuturnya.

Erick mencatat mudik tahun ini merupakan momentum tepat untuk membayar tuntas rasa rindu masyarakat perantauan terhadap keluargaya di kampung, setelah 2 tahun lamanya berjuang melawan pandemi Covid-19.

Dia memang memproyeksikan akan ada 85 juta orang yang melakukan mudik Lebaran.

Jumlah tersebut sekitar 30% dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 270,20 juta jiwa pada 2020.

Dari 85 juta orang, kata Erick, sebanyak 26 juta di antaranya akan melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan transportasi darat. Sisanya menggunakan transportasi laut dan udara.

 BACA JUGA:Waspada! Ini Titik Rawan Macet di Tol saat Mudik Lebaran 2022

"Prediksi 85 juta orang mudik, hampir 30%, 26 juta lebih itu naik kendaraan (darat), jadi ini benar-benar antisipasi," jelasnya.

Dia pun menilai lebaran tahun ini menjadi boom mudik bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah mengambil sejumlah langkah strategis untuk mengatur dan mempermudah kegiatan mudik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini