Share

Pembicaraan Menko Luhut dengan Petinggi Belanda, Bahas IKN Nusantara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 320 2604021 pembicaraan-menko-luhut-dengan-petinggi-belanda-bahas-ikn-nusantara-sre3lNTt5x.JPG Menko Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone)

JAKARTA — Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu delegasi Belanda yang dipimpin Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda Mark Harbers di Deen Hag, Senin (30/5/2022).

“Pertemuan ditujukan untuk membahas perkembangan kerja sama kedua negara, khususnya untuk sektor pengembangan pelabuhan, keairan dan energi baru/terbarukan,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi Kamis (2/6/2022).

Menurut Luhut, Kerja sama bilateral RI-Belanda di bidang kemaritiman dan pengelolaan air yang selama ini berjalan baik.

Sehingga hal tersebut terefleksikan dalam keinginan kedua negara memperpanjang kerja sama Kemaritiman hingga tahun 2025.

“Menteri Mark Harbers telah mengapresiasi capaian Indonesia dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi makro,” tambahnya.

Secara khusus, kedua delegasi mengharapkan kelanjutan dan peningkatan kerja sama dengan Otoritas Pelabuhan Rotterdam Belanda (Port of Rotterdam) dalam pembangunan pelabuhan Indonesia.

Untuk itu, Menko Luhut dan Menteri Mark Harbers saling menyampaikan dokumen perpanjangan mewakili Pemerintah kedua negara.

Menko Luhut juga mengundang pihak Belanda untuk mendukung pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) melalui sharing of expertise dan peningkatan investasi ekonomi hijau antara lain melalui program blended finance.

“Pembangunan IKN tidak hanya terbatas pada membangun infrastruktur kota baru, melainkan pula penyediaan aspek sosial dan ekonomi penduduknya,” tandasnya.

 BACA JUGA:Utang RI Rp7.000 Triliun, Menko Luhut: Masih Kecil

Sebagai catatan, Kedua Menteri selanjutnya secara bersama-sama membuka Forum Maritim Bilateral RI-Belanda ke-4 yang akan diikuti Delegasi kedua negara guna pembahasan kerja sama secara lebih detil dan teknis.

Di akhir Pertemuan, Menteri Mark Harbers menyambut baik undangan Menko Luhut untuk berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini