Share

Infrastruktur Ibu Kota Nusantara, 3 Dermaga Dibangun

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Kamis 09 Juni 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 470 2608293 infrastruktur-ibu-kota-nusantara-3-dermaga-dibangun-xyiG8RaKlj.jpg IKN Nusantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut pemerintah tengah melakukam proses persiapan untuk pembangunan prasarana transportasi laut untuk Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang dimulai pada tahun 2022 ini.

Plt Dirjen Perhubungan Laut KementerianPerhubungan (Kemenhub) Arif Toha mengatakan akan menyiapkan pembangunan tiga dermaga untuk menunjang kebutuhan logistik konstruksi kawasan IKN tersebut.

"Tahun ini Pemerintah masih dalam melakuakan proses konstruksi, Kemenhub bersama dengan PUPR akan menyiapkan terkait degan dermaga untuk logistik konstruksi," kata Arif Toha kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pemerintah akan mulai menyiapkan prasarana transportasi untuk mendukung pembangunan kawasan IKN. “Adapun, pembangunan kawasan ibu kota baru akan dimulai dengan pembangunan Kawasan Pusat Inti Pemerintahan (KIPP) di lahan seluasa 6.671 hektare,” tambahnya.

“Sementara. material untuk pembangunan kawasan IKN Nusantara sudah mulai berdatangan, misalnya dari Sulawesi,” ujarnya.

Zulfikri menegaskan pemerintah akan membangun sekitar tiga dermaga guna tempat sandaran kapal logistik pembawa material konstruksi. "Ada tiga (dermaga) yang akan dibangun mungkin, untuk kapal-kapal material bangunan itu bersandar," jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat empat fase pemindahan IKN yang diawali pada fase pertama (2020-2024). Tahapan yang dilakukan yakni mendesain dan membangun infrastruktur esensial seperti Istana Presiden, Gedung DPR/MPR, dan hunian di area primer IKN.

Kemudian, fase berikutnya yakni relokasi ASN dan petugas negara inti, pembangunan pusat inovasi dan ekonomi serta sektor prioritas, dan membangun ekos

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini