Share

Menteri ATR: Mafia Tanah yang Bermain-main Langsung Dikriminalkan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 470 2615673 menteri-atr-mafia-tanah-yang-bermain-main-langsung-dikriminalkan-WtlCsw3SKu.jpg Menteri ATR Hadi Tjahjanto peringatkan mafia tanah (Foto: ATR)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto menegaskan tidak boleh ada mafia tanah yang berani bermain-main. Hal ini dia sampaikan dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Timur. Kali ini Hadi mengunjungi Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri pada Selasa (21/06/2022).

Hadi menegaskan, Presiden menugaskannya untuk mempercepat penyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

โ€œSesuai perintah presiden PTSL supaya dipercepat karena ini menjadi pekerjaan yang tidak boleh lepas, kalau semua tertata tidak ada namanya mafia tanah bermain-main kalau bermain-main langsung dikriminalkan oleh Kepolisian,โ€ tegasnya.

Saat ini, lanjut Hadi, PTSL secara nasional baru terselesaikan 80 juta dari target 126 juta. Selain PTSL, pada kesempatan ini, Hadi Tjahjanto mendengarkan laporan dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri serta berdiskusi terkait permasalahan yang terjadi di wilayah tersebut, khususnya lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang dikelola PT Mangli Dian Perkasa di Desa Puncu.

Ia menyampaikan bahwa segala bentuk kebijakan yang dikeluarkan harus sesuai dengan aturan yang berlaku serta dengan memperhatikan keberadaan masyarakat.

Usai berdiskusi dengan para pemangku kepentingan terkait, Menteri ATR/BPN mengunjungi lokasi Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan PT Mangli Dian Perkasa di Desa Puncu, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Ia berkesempatan mendengar aspirasi serta berdialog dengan masyarakat.

Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa lahan tersebut dapat dimasukkan ke dalam Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Ia juga memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk satuan tugas (satgas) yang berfungsi mengawasi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Tiba di lokasi, Hadi disambut hangat dan berdialog langsung dengan masyarakat dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh masyarakat.

Terkait Mafia Tanah, Hadi menyampaikan jika ada praktek tersebut segera laporkan, saya sudah koordinasi dengan Bapak Kapolri dan akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini