Share

Mau Beli Hewan Kurban, Tanya Dulu Sertifikat Sehat Ada atau Tidak?

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 320 2621979 mau-beli-hewan-kurban-tanya-dulu-sertifikat-sehat-ada-atau-tidak-jFihPQNhuD.jpg Cara Membeli Hewan Kurban Idul Adha. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat yang mau membeli hewan kurban untuk Idul Adha harus selektif. Misalnya memeriksa apakah hewan kurban yang dibeli memiliki sertifikat hewan sehat atau tidak.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementrian Pertanian (Kementan) drh. Syamsul Ma'arif menghimbau kepada masyarakat maupun dewan pengurus masjid, sebelum menerima hewan kurban bisa lebih selektif menerima ataupun membeli.

Baca Juga: 10 Daerah Penghasil Sapi Terbanyak di Indonesia

Menurutnya, hal tersebut untuk menghindari penularan wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) lebih meluas menjelang Idul Adha maupun Pasca Idul Adha.

"Nanti saat masyarakat membeli hewan, paling tidak dia meminta surat keterangan kesehatan hewan dari petugas lapangan kita," ujar Syamsul dalam webinar bersama BNPB, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Kemenhub Siapkan 6 Kapal Ternak

Di samping itu, Kementan juga meminta pengurus masjid yang menerima hewan kurban untuk disembelih juga bisa mempertanyakan surat sehat dari hewan diberikan.

"Jadi harapan kita pengurus masjid atau tempat pemotongan hewan itu alangkah baiknya kita menerima ternaknya sekaligus surat keterangan hewan atau sertipikat veterinernya sebagai panduan pemilihan hewan," sambungnya.

Syamsul menjelaskan Kementan akan menerjunkan 3000 petugas di lapangan untuk membantu memberikan serifikat hewan sehat terhadap hewan hewan yang dijual.

"Jadi kita seluruh instruksikan petugas masuk nanti kelapak dan tempat pemotongan dan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan daerah," lanjutnya.

Sehingga nantinya petugas tersebut menjadi pengawas dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban. Mana bagian daging yang tidak bisa diberikan kepada masyarakatnya, sampai pembuangan limbah dari bekas pemotongan hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini