Share

Anggaran PUPR untuk Penanganan Banjir Disoroti karena Minim

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 05 Juli 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 320 2623774 anggaran-pupr-untuk-penanganan-banjir-disoroti-karena-minim-rtdieAHKXU.JPG Ilustrasi banjir. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Jambi, A Bakri HM mengakan saat ini penggunaan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum banyak digunakan untuk membiayai program kecil, misalnya banjir.

Sebab menurut Bakri di dapilnya Jambi, bencana banjir kerap terjadi. Bahkan frekuensinya semakin sering.

Jika sebelumnya banjir terjadi akibat hujan deras melanda, saat ini bisa terjadi meski curah hujan ringan.

"Banyak sekali kegiatan prioritas di kementerian PUPR, itu yang terkadang pembiayaan sangat sulit, saya merasakan hampir selama 13 tahun di komisi V merasakan," ujarnya dalam RDP Komisi V bersama Kementerian PUPR, Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA:PUPR Habiskan Rp197 Miliar untuk Pembangunan Infrastruktur

Menurut Barki penanggulangan Banjir di Jambi sudah bertahun-tahun tidak teratasi, padahal sudah ada alokasi anggarannya setiap tahun.

"Misalnya di SDA, itu sudah hampir 10 tahun bicara penanganan banjir di kota Jambi, itu setiap tahun ribut terus di Jambi," kata Bakri.

"Sementara disisi lain pembiayaan-pembiayaan yang besar, contoh mau membiayai Merangin, coba fikirkan juga kegiatan yang kecil tapi sangat dirasakan manfaatnya," tambahnya.

Contoh Lain, Bakri membawa program IPAL di PUPR tidak masalah dilakukan telat, dalam artian supaya fokus penanganan banjir di Jambi.

"Contoh lain adalah IPAL, kok banjir tidak di urus, setiap saat dirasakan, nah yang begini perlu menjadi perhatian, kalau IPAL terlambat tidak apa-apa," tegasnya.

Dia meminta PUPR perlu agendakan program-program yang lebih dulu memiliki banyak manfaat untuk masyarakat atau berdampak luas.

"Jangan sampai kita memprogramkan sesuatu yang jarak lama, tapi yang dirasakan hari ini tidak di programkan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini