Share

Berikut 5 Keistimewaan Kelok 9 Sumatera Barat. Pernah Lewat Sini?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 16 Juli 2022 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 320 2630836 berikut-5-keistimewaan-kelok-9-sumatera-barat-pernah-lewat-sini-8UFi8lXcMr.jpg Kelok Sembilan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lima Keistimewaan Kelok 9 Sumatera Barat akan dibahas Okezone pada artikel kali ini. Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu landmark di Ranah Minang ini.

Dahulu, banyak pengendara yang tidak berani lewat tempat ini karena kontur jalan yang curam dan berliku. Namun, saat ini Kelok 9 justru banyak dilewati pengendara bahkan dijadikan tempat wisata.

Nah, apa sih keistimewaannya? Simak 5 keistimewaan Kelok 9 Sumatera Barat berikut ini, Sabtu (16/7/2022):

1. Sebagai penghubung dua provinsi

Sudah bukan rahasia lagi jika jalur Kelok 9 dibangun untuk menghubungkan dua provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. Namun, kini jalur ini tak hanya digunakan oleh masyarakat Riau dan Sumatera Barat saja. Namun juga digunakan oleh pengendara lain yang hanya ingin sekedar melihat Kelok 9.

2. Menjadi tempat wisata

Kelok 9 memiliki arsitektur yang megah di tengah panorama alam Sumatera Barat yang indah. Tak heran jika jalur ini mampu menyedot animo masyarakat untuk melewatinya.

Banyak pengendara atau wisatawan yang mampir ke Kelok 9 untuk sekedar beristirahat atau berfoto dengan latar belakang yang indah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Memiliki nama yang unik

Jalur Kelok 9 diberi nama demikian karena memang memiliki jalan yang berkelak-kelok. Ini karena Kelok 9 melewati perbukitan Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau.

4. Memiliki konstruksi bangunan yang megah

Konstruksi bangunan Kelok 9 tak luput dari pembicaraan. Jalur dengan panjang 2,5 km ini ditopang oleh 30 pilay kokoh dengan masing-masing ketinggian 10-15 meter. Dengan konstruksi ini, Kelok 9 mampu menampung kendaraan sebanyak 14.000 perharinya.

5. Usianya sudah lebih dari 100 tahun

Tahukah anda jika jalur Kelok 9 telah berusia lebih dari 100 tahun? Kelok 9 sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bangunan ini dibangun antara tahun 1908 hingga 1914. Bahkan usianya lebih tua dari negara ini, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini