Share

Alasan Mengapa Orang Miskin Tetap Miskin, Nomor 1 Bikin Rugi

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 28 Juli 2022 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 622 2637629 alasan-mengapa-orang-miskin-tetap-miskin-nomor-1-bikin-rugi-P24Q6suBLm.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa alasan mengapa orang miskin tetap miskin. Kemiskinan masih terjadi di negara Indonesia. Melihat kenyataan yang ada di Indonesia mungkin sangat memprihatinkan sekali. Mengapa begitu? Indonesia, saat ini adalah negara yang dikategorikan sebagai negara berkembang yang sedang berusaha mendapatkan predikat untuk menjadi negara maju.

Dalam perubahan untuk mendapatkan suatu predikat atau julukan dari negara berkembang menjadi negara maju, itu semua sangat dibutuhkan banyak kerja keras, karena untuk , menjadi negara yang maju maka semua fasilitas, masyarakat dan struktur organisasinya harus mengalami perubahan yang lebih maju dari sebelumnya.

Kemiskinan harus segera diatasi, jangan saja uang rakyat dipakai korupsi tetapi rakyat juga harus dibina dan dipelihara. Dan semua warga Indonesia harus bisa memahami tujuan awal dari pancasila, yang menjadi dasar bahwa warga Indonesia harus adil dan beradab.

Berikut beberapa alasan mengapa orang miskin tetap miskin dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Banyak korupsi

Kemiskinan harus segera diatasi, jangan saja uang rakyat dipakai korupsi tetapi rakyat juga harus dibina dan dipelihara. Dan semua warga Indonesia harus bisa memahami tujuan awal dari pancasila, yang menjadi dasar bahwa warga Indonesia harus adil dan beradab. Tindakan korupsi juga merugi

2. Jarang memanfaatkan potensi sumber daya manusia

Indonesia adalah Negara yang sebenarnya memiliki kekayaan berlimpah seperti sumber daya alam. Namun, hal tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Banyak sekali warga-warga yang masih belum mendapatkan kehidupan yang layak. Banyak juga di Indonesia pembangunan dilakukan dengan menggusur orang miskin.

Padahal, jika membangun suatu pembangunan yang positif warga-warga yang tergolong miskin tersebut bisa diberikan suatu pekerjaan yang layak tanpa harus korupsi. Tugas besar dari pemerintahan ini seharusnya memberantas kemiskinan bukan memberantas orang-orang miskin.

3. Masih banyak rumah kumuh

Kemiskinan harus sesegera mungkin diberantas, karena tingkat kemiskinan di Indonesia pun semakin tahun semakin  membeludak dan sulit juga untuk mengontrol jalannya aktivitas.

Lalu, masih juga banyak rumah-rumah kumuh yang tidak terawat yang tidak pernah tersentuh oleh pemerintah itu sendiri. Bagaimana bisa maju jika hal ini semakin tahun semakin membanjiri negara Indonesia.

4. Tingkat Pendidikan Rendah

Pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal dari negara lain. Hal ini dapat dilihat dari skor Programme for International Student Assessment (PISA) 2018. Berdasarkan hasil PISA 2018, Indonesia meraih skor di bawah rata-rata yang ditetapkan oleh mereka.

5. Penghasilan tidak stabil

Salah satunya, sumber penghasilan yang tidak stabil dan jumlahnya minim dan digunakan untuk beberapa waktu saja. Biasanya penghasilan ini digunakan untuk membiayai kebutuhan dari hari per-hari, serta memenuhi kebutuhan konsumtif mendasar seperti makan dan tempat tinggal. Tidak ada yang bisa ditabung dari penghasilan tersebut, karena sudah habis untuk keperluan sehari-hari. (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini