Share

Ada Apa Batik Air Pilih Ngerem Mendadak di Bandara Soetta hingga Gagal Take Off?

Heri Purnomo, iNews · Sabtu 30 Juli 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 320 2639105 ada-apa-batik-air-pilih-ngerem-mendadak-di-bandara-soetta-hingga-gagal-take-off-eViJXIbpkh.jpg Pesawat Batik Air Gagal Take Off di Bandara Soetta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pihak Batik Air meminta maaf setelah pesawat rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami gagal take off.

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul yang mengakibatkan penerbangan ID-6236 terganggu. Batik Air menjalankan layanan berdasarkan ketentuan berlaku," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga: Pesawat Gagal Take Off di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Batik Air

Danang mengatakan, pesawat batik air dengan penerbangan ID-6236 dijadwalkan pukul 05.30 WIB dari Bandara Soetta. Dengan adanya peristiwa tersebut, penerbangan ditunda dan dijadwalkan kembali menggunakan jadwal keberangkatan pukul 09.19 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 12.24 WITA.

"Kepada seluruh tamu bahwa penerbangan ID-6236 mengalami penundaan keberangkatan dipindahkan (mengganti) dengan menggunakan pesawat Batik Air lainnya. Penerbangan ID-6236 dipersiapkan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman," katanya.

Baca Juga: Duh, Batik Air Tujuan Jakarta Gagal Terbang Gegara Landasan Bandara Ambles

Danang mengatakan Batik Air penerbangan ID-6236 dipersiapkan secara tepat. Pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-BKF sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang dan aman untuk dioperasikan (airworthy for flight).

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Dalam penerbangan ini, Batik Air bersiap untuk menerbangkan enam kru pesawat dan 131 tamu (penumpang). Setelah tahapan dan prosedur penanganan pesawat dan tamu di darat selesai, pesawat bergerak dan berada di landas pacu (runway) guna persiapan lepas landas (take off)," katanya.

Namun, Danang mengatakan, bahwa pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda penerbangan dikarenakan adanya indikator kokpit yang perlu dilakukan pengecekan ulang.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan pada ID-6236, pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan (rejected take off/ RTO) kondisi kecepatan mesin masih rendah, dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut," kata Danang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini