Share

Ketemu Mafia Tanah, Menteri ATR: Saya Sikat!

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 470 2640688 ketemu-mafia-tanah-menteri-atr-saya-sikat-Qlll0es0kn.jpg Menteri ATR Hadi Tjahjanto sikat mafia tanah (Foto: ATR)

JAKARTA - Menteri ATR Hadi Tjahjanto tegas memberantas mafia tanah. Dia mengaku tujuan dari pemberian sertifikat secara langsung untuk mengidentifikasi permasalahan pertanahan yang terjadi di masyarakat.

Sehingga diharapkan masyarakat bisa langsung menyampaikan jika terdapat indikasi adanya praktik mafia tanah yang terjadi di lapangan. Di samping itu penerbitan sertifikat tanah melalui program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) bertujuan untuk mempersempit ruang gerak mafia tanah.

"Saya akan turun ke lapangan, bertemu dengan masyarakat dan memastikan keadilan ditegakkan. Jika ada mafia tanah, saya sikat," ujar Menteri ATR/BPN saat membagikan langsung sertifikat tanah di Marunda, Jakarta Utara, Selasa (2/8/2022).

Pada kesempatannya Menteri Hadi berpesan kepada masyarakat untuk menyimpan dan menjaga dengan baik sertifikat tanah yang sudah diterima dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan membuka akses permodalan ke Lembaga keuangan formal.

"Manfaatkan tanahnya dengan sebaik-baiknya jangan sampai terlantar, ketahui batas-batasnya, jangan beri celah bagi oknum mafia tanah," lanjut Menteri Hadi.

Menurutnya Kementerian ATR/BPN siap berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh bidang tanah di Indonesia agar terdaftar, sehingga memperkecil potensi sengketa dan konflik pertanahan.

"Bapak/ibu juga menjadi merasa aman karena sudah ada kepastian hukumnya," kata Menteri Hadi kepada penerima Sertifikat tanah di Marunda.

Sekedar informasi, saat ini masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait pertanahan melalui nomor whatsapp di 0811 1068 0000. Termasuk aduan ketika adanya indikasi praktik mafia tanah dengan melampirkan buktinya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini