Share

Deretan Kasus Korupsi yang Rugikan Triliunan Rupiah!

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2642171 deretan-kasus-korupsi-yang-rugikan-triliunan-rupiah-v83jncmZ1i.jpg Deretan korupsi yang rugikan triliunan rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Deretan kasus korupsi yang rugikan triliunan rupiah. Kasus korupsi di Tanah Air belakangan ini kembali banyak terjadi. Tidak hanya dilakukan oleh mereka yang berkecimpung di ranah partai, tapi para petinggi yang masih menjabat juga tak luput tersandung kasus rasuah.

Nilai kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi ini pun sangat besar, bahkan hingga triliunan rupiah. Kasus yang pertama adalah korupsi Jiwasraya.

Kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menduduki urutan kedua sebagai kasus korupsi terbesar di Indonesia dengan kerugian mencapai Rp13,7 triliun rupiah.

Kasus ini bermula saat Jiwasraya menjadi sorotan setelah gagal bayar polis kepada nasabah sebesar Rp12,4 triliun rupiah. Produk asuransi jiwa dan investasi ini diketahui hasil kerja sama dengan beberapa bank, dan berperan sebagai agen penjual. Pada 2019, Kejaksaan Agung menetapkan 5 orang sebagai tersangka.

Kemudian kasus bank Century yang sempat ramai pada 2014. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan atas kasus ini kerugian negara mencapai Rp6,76 triliun, berdasarkan Laporan Hasil Perhitungan (LHP). Tak hanya itu, kerugian negara yang lain mencapai Rp689.394 miliar, yang digunakan untuk pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) ke Bank Century.

Lalu ada kasus korupsi bansos yang melibatkan Menteri Sosial yang kala itu masih menjabat, Juliari Batubara. Dia tersandung kasus korupsi terkait dana bantuan sosial atau bansos pada Desember 2020. Ia terjaring OTT (operasi tangkap tangan) KPK dan merugikan negara sebesar Rp32 miliar.

Juliari terbukti menerima suap Rp10 ribu untuk setiap paket sembako atau bansos yang ada. Uang suap yang diterimanya itu berasal dari beberapa orang pengusaha. Juliari divonis 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Baca Selengkapnya: Daftar Kasus Korupsi Triliunan yang Rugikan Indonesia, Ini Orangnya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini