Share

Intip 7 Tol Milik Jusuf Hamka, Nomor 3 Jalan untuk 'Sultan'

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 470 2657993 intip-7-tol-milik-jusuf-hamka-nomor-3-jalan-untuk-sultan-7XMujEpkId.png Jusuf Hamka (Foto: Instagram)

JAKARTA- Intip 7 tol milik Jusuf Hamka menarik untuk diulas. Jusuf Hamka salah satu bos perusahaan jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada.PT CMNP sendiri diketahui berperan dalam pembangunan jalan tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km.

Selain itu, Jusuf Hamka juga memiliki sederet mobil mewah, mulai dari SUV Premium Audi 4 yang harganya Rp1,25 miliar hingga Rolls Royce Phantom yang ia beli seharga Rp7,5 miliar. Meski kekayaannya melimpah, Jusuf yang juga menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan ini tak segan makan di pinggir jalan.

Berikut 7 tol milik Jusuf Hamka yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang - Tanjung Priok

Jusuf adalah pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). PT CMNP sendiri diketahui berperan dalam pembangunan jalan tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Tol Pelabuhan

Setelah proyek itu selesai, pemerintah kembali memberi kepercayaan kepada CMNP untuk membangun jalan tol rute Tanjung Priok hingga Pluit atau Jembatan Tiga, dengan panjang 13,93 km.

Bagi warga asli Jakarta, ruas tol ini lebih dikenal sebagai Tol Ancol atau Pluit yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

3.  Jalan Tol Depok - Antasari

Ruas Tol Depok - Antasari juga merupakan kepemilikan dari Jusuf Hamka melalui entitas PT Citra Waspphutowa. Jalan tol ini sering disebut sebagai Jalan Tol Andara dan memiliki panjang kurang lebih 21 km dan menjadi salah satu ruas yang nantinya akan terkoneksi langsung hingga Kabupaten Bogor maupun ruas JORR II yang sedang dalam tahap konstruksi.

4.  Ruas Tol Bogor Outer Ring Road

Jusuf Hamka juga memiliki konsesi ruas Tol Bogor Outer Ring Road yang memiliki panjang kurang lebih 11 km. Total investasi dari ruas jalan tol Bogor Outer Ring Road ini mencapai Rp1,6 Triliun dan telah selesai pada tahun 2009 silam.

5.  Tol Soreang - Pasirkoja

Jalan tol terpanjang yang dimiliki Jusuf Hamka memiliki panjang dengan total 10,55 km dan menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Ruas Tol Soroja ini telah beroperasi sejak 2017 lalu dan memiliki akses yang sangat luar biasa mudah.

Jusuf Hamka memiliki konsesi jalan tol ini melalui anak perusahaan CMNP, yakni PT Citra Marga Lintas Jabar, sebesar 69,32%.

6.  Jalan Tol Waru - Juanda

Seperti tidak ada habisnya, Jusuf Hamka juga memiliki ruas jalan tol di daerah Jawa Timur.  Ia memiliki konsesi Jalan Tol Waru - Juanda sebesar 96,83% yang merupakan akses utama dari Bandar Udara Juanda Surabaya. Selain Bandara Juanda, tol ini juga menghubungkan Kawasan Industri Rungkut dan memiliki panjang sekitar 12 km.

7.  Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan

Jusuf Hamka melalui PT Citra Karya Jabar Tol menguasai konsesi lahan sebesar 51% di ruas tol sepanjang hampir 60 km ini. Jalan Tol Cisumdawu ini akan segera selesai pada awal 2022 karena masih mengalami kendala pembebasan lahan.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini