Share

Kementan Modernisasi Pertanian Flores Timur dengan Alsintan

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 05 September 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 11 2661433 kementan-modernisasi-pertanian-flores-timur-dengan-alsintan-ubbmCioair.jpg Foto: Dok Kementerian Pertanian

FLORES TIMUR - Komitmen kuat diperlihatkan Kementerian Pertanian untuk meningkatkan pertanian di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Yaitu dengan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian.

Alsintan yang diberikan berupa handsprayer, traktor roda dua, dan pompa air, yang disalurkan untuk 15 kelompok tani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan modernisasi pertanian sudah harus dilakukan.

"Pertanian sudah memasuki era 4.0. Artinya, pertanian pun harus semakin modern dan menggunakan mekanisasi untuk menggenjot produksi," tuturnya.

Pernyataan serupa disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil.

"Kementerian Pertanian mendukung pengembangan pertanian dengan alsintan. Petani harus bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu mengembangkan pertanian," tuturnya.

Dijelaskan Ali, Alsintan bukan hanya mampu membantu meningkatkan produktivitas, tetapi juga menekan biaya produksi.

"Petani bisa mendapatkan keuntungan lebih jika memanfaatkan alsintan. Oleh sebab itu, kita selalu menekankan agar petani menggunakan alsintan untuk mendukung aktivitas. Karena, dengan alsintan waktu tanam dan panen juga jauh lebih cepat," ujarrnya.

Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, menyerahkan langsung bantuan tersebut pada awal September Bulan, di Larantuka.

“Bantuan ini menunjukan bahwa petani kita adalah petani moderen yang mampu memanfaatkan teknologi pertanian berupa alat mesin pertanian dalam mengelola pertanian ke arah yang lebih maju,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan berupa handsprayer, traktor roda dua dan pompa air kepada 15 kelompok tani yang tersebar di wilayah Flores Timur Daratan, Adonara dan Solor ini dapat dimanfaatkan secara optimal mungkin.

“Harapannya, bantuan ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarga,” ungkapnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini