Share

Jokowi Cerita soal Freeport: Dulu Sulit Sekali Suruh Bangun Smelter

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Kamis 08 September 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 320 2662962 jokowi-cerita-soal-freeport-dulu-sulit-sekali-suruh-bangun-smelter-WzRQMec2Wo.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan komitmen seriusnya dalam hilirisasi pertambangan.

Di mana hal ini khususnya dalam meningkatkan nilai tambah ekspor tambang termasuk konsentrat tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI). Kini, Freeport Indonesia memiliki kewajiban membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di wilayah Gresik, Jawa Timur.

"Dulu itu sulit sekali menyuruh Freeport Indonesia untuk membangun smelter di dalam negeri, saya bilang, 'kamu (Freeport) buat smelter, kita perpanjang'. Gak bisa juga, gak sambung-sambung. Kita ambil saja akuisisi 51% setelah dapat, baru buat smelter di bikin di Gresik," kata Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu, 7 September 2022.

Karena menurutnya nilai tambah tembaga yang selama 50 tahun diekspor dalam mentahan itu akan mendapat nilai yang besar, yaitu sekitar USD30 miliar atau setara dengan Rp448 triliun dengan kurs Rp14.935 per dolar AS, jika pada tahun 2024 nanti smelter Freeport sudah beroperasi.

"Akan lihat setelah Gresik beroperasi 2024 kelihatannya berapa nilai tambah dari cooper yang sudah lebih dari 50 tahun kita ekspor mentahan, raw material begitu juga bauksit stop kira-kira mungkin akan muncul angka di atas USD30 miliar. Entah dari nikel, cooper, bauksit saya pastikan itu," pungkas Jokowi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Seiring dengan tujuannya untuk meningkatkan nilai tambah ekspor tambang, termasuk konsentrat tembaga milik Freeport Indonesia, Jokowi menegaskan komitmen seriusnya dalam hilirisasi pertambangan.

Baca selengkapnya: Jokowi: Dulu Itu Sulit Sekali Menyuruh Freeport

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini