Share

Ibu Kota Nusantara Dibagi 6 Wilayah, Ini yang Bakal Dibangun

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 13 September 2022 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 470 2666302 ibu-kota-nusantara-dibagi-6-wilayah-ini-yang-bakal-dibangun-Un7mdDdIO1.png IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang telah menyusun rencana pembagian enam wilayah pada Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional, Pelopor menargetkan pada akhir tahun 2022 ini rencana detail tata ruang bakal rampung seluruhnya, adapun saat ini baru terselesaikan enam wilayah.

Di mana setidaknya bakal dirancang tiga wilayah tambahan untuk pengembangan IKN Nusantara.

"Insya Allah di tahun ini seluruh WP yang tersisa, termasuk Simpang Semboja, Kuala Samboja, Muara Jawa, InsyaAllah materi teknis RDPR segera akan kita selesaikan," ujar Pelopor dalam konsultasi publik RDTR IKN Nusantara secara virtual, Selasa (13/9/2022).

 BACA JUGA:PUPR Latih 9.300 Tenaga Kerja Konstruksi Khusus IKN Nusantara

Adapun saat ini pihaknya telah menyelesaikan enam RDTR yang siap diberikan kepada Otorita IKN Nusantara.

Wilayah tersebut terdiri dari Wilayah Perencanaan (WP) KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), IKN Barat, IKN Selatan, IKN Timur 1, IKN Timur 2, IKN Utara.

Pada WP KIPP, bakal di isi oleh bangunan gedung untuk pusatt Pemerintahan, seperti istana negara, kantor kementerian dan lembaga, selain itu bakal dibangun kantor pertanahan dan kemanaan, perumahan dan permukiman.

Selanjutnya WP IKN Barat rencana bakal dibangun menjadi pusat ekonomi bisnis dan keuangan, Pariwisata alam, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan tinggi, serta kantor pertahanan dan keamanan.

WP IKN Selatan akan dibangun menjadi pusat energi baru terbarukan (EBT), pusat permukiman pedesaan, kantor pertahanan dan keamanan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sedangkan WP IKN Timur 1 akan dibangun sebagai pusat hiburan dan sport center, pariwisata, perdagangan dan jasa, pelayanan pendidikan tinggi, pos keamanan dan pertahanan.

WP IKN Timur 2 juga sama dengan WP IKN Timur satu, yang berbeda tidak dibangun pusat hiburan, tetapi menjadi pusat riset dan inovasi.

Selain itu untuk WP IKN Utara bakal dibangun sebagai pusat riset dan inovasi juga, pelayanan pendidikan tinggi.

Bedanya pada WP IKN Utara bakal dijadikan pusat perkantoran swasta dan pariwisata.

"Artinya apapun aktivitas sudah ada wadahnya tinggal bagaimana fleksibilitas dan dinamika yang akan berkembang," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini