Share

4 Fakta Mengejutkan Pabrik Sepatu Nike Kabur dari RI ke Vietnam, Mendag Ungkap Penyebabnya!

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 18 September 2022 03:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 320 2668909 4-fakta-mengejutkan-pabrik-sepatu-nike-kabur-dari-ri-ke-vietnam-mendag-ungkap-penyebabnya-9FQydlhAsu.JPG Ilustrasi sepatu Nike. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pabrik sepatu Nike Indonesia yang dikabarkan memilih pergi ke Vietnam.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun langsung menjelaskan soal hal tersebut.

Berikut fakta mengejutkan pabrik sepatu Nike kabur dari RI ke Vietnam yang dirangkum Okezone di Jakarta, Minggu (18/9/2022).

1. Alasannya

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkap akar penyebab banyak pabrik sepatu Nike Indonesia yang angkat kaki ke Vietnam.

 BACA JUGA:Sepatu Nike Made in Tangerang Serap 40 Ribu Tenaga Kerja Lokal

Mendag menjelaskan, hal itu lantaran para pengusaha industri sulit bersaing dalam masalah upah.

"Dulu saya kemari, tapi katanya Nike-nya pindah ke Vietnam sebagian, saya nggak tahu kenapa, (mungkin) karena di sini baru reformasi, persoalan tenaga kerja, upah naik terus tiap tahun. Sekarang Tangerang termasuk upah yang tinggi," katanya saat pelepasan ekspor sepatu Nike PT Pratama Abadi Industri, di Tangerang, Selasa (13/9/22).

2. Persoalan Upah

Mendag menyebut bahwa kenaikan upah memang terjadi tiap tahun sesuai keadaan dan kondisi pertumbuhan ekonomi.

Sehingga banyak perusahaan yang angkat kaki dari Indonesia karena mereka menilai upah buruh di Tanah Air terlampau tinggi.

"Vietnam cepat sekali ambil keuntungan dari gonjang-ganjing upah buruh, Indonesia harus alami karena kita baru reformasi. Pelan-pelan mulai stabil, hari ini lebih baik dari 5 tahun lalu, 5 tahun lalu lebih baik dari 10 tahun lalu," jelasnya.

"Oleh karena itu kalau ada masalah bisa kita bicarakan dan saya berjanji untuk membantu agar industri di dalan negeri terlindungi, tumbuh dan berkembang. Termasuk kita akan membuat jalan tolnya," tambahnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Produksi Sepatu Indonesia Akan Melejit

Mendag pun optimistis kalau produksi sepatu Indonesia akan melejit dan ekspornya bisa melebihi Vietnam di masa mendatang.

"Kita memang masih urutan ke 6 alas kaki industri yang di ekspor. Dengan share 3,88%, masih bisa dikembangkan," pungkasnya.

4. Lepas Ekspor Produk Alas Kaki

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor produk alas kaki produksi PT Pratama Abadi Industri secara simbolis dengan merek dagang Nike senilai USD211 ribu ke Belanda. Pelepasan ekspor ini adalah kontainer ke-99 di tahun 2022.

Menurut Mendag, ekspor produk alas kaki Indonesia dapat memperkuat rantai pasok dan industri padat karya.

“Pelepasan ekspor ini dapat menopang penguatan rantai pasok global produk alas kaki dunia dan industri padat karya. Pelepasan ekspor ini juga menjadi momentum perluasan pasar ekspor produk Indonesia serta sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia di masa pemulihan pascapandemi,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini