Share

Ketersediaan Air Didukung RJIT Kementan, Petani Muna Tingkatkan Produksi

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 20 September 2022 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 11 2671481 ketersediaan-air-didukung-rjit-kementan-petani-muna-tingkatkan-produksi-d3H4ngQLc1.JPG RJIT Kementan dukung ketersediaan air di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. (Foto: okezone.com/Kementan)

MUNA - Setelah mendapatkan bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dan Kementerian Pertanian, para petani di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, kini mulai menggenjot produksi pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan water management adalah hal yang penting dalam pertanian. "Kementerian Pertanian akan mendukung petani untuk meningkatkan produksi pertanian. Dukungan yang kita berikan adalah melalui RJIT yang merupakan bagian dari water management," tuturnya.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil, menjelaskan lebih lanjut mengenai aktivitas RJIT.

"RJIT ini kegiatan untuk memaksimalkan jaringan irigasi yang ada, namun memiliki kendala sehingga aliran air tidak maksimal," tuturnya.

Ali mengatakan, RJIT diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian. "Karena lewat RJIT, luas lahan yang teraliri air kita tambah. Sehingga area panen bisa bertambah dan tentunya bisa berdampak positif bagi pendapatan petani," katanya.

Tidak itu saja, ia berharap RJIT bisa membantu petani meningkatkan indeks pertanaman. Kegiatan RJIT ini dilaksanakan Kelompok Tani Sinar Harapan, yang berada di Desa Labulu Bulu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini