Share

Uang Rp50 Juta Dimakan Rayap, Samin: Saya Menyesal Nabung di Celengan Rumah

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Rabu 21 September 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 320 2671503 uang-rp50-juta-dimakan-rayap-samin-saya-menyesal-nabung-di-celengan-rumah-JmkmLBEsJe.jpg Uang Dimakan Rayap. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) di Solo dibuat bingung oleh kedatangan penjaga sekolah SD Negeri Lodjiwetan, Samin, yang ingin menukarkan uangnya yang dimakan rayap. Tak tanggung-tanggung diperkirakan nominal uang itu sebesar Rp50 juta.

"Saya dapat uang dari menyiapkan konsumsi para guru di sekolah ini, saya masukkan juga. Ya kurang lebih ada Rp50 juta, hitungan saya. Ada dalam dua celengan plastik. Pas disuntak (dibongkar), serpihan kertas langsung ada yang kabur kena angin. Kertas uangnya sudah hancur, kecil-kecil,” ujar Samin.

Petugas BI akhirnya datang kerumahnya untuk menyatukan potongan-potongan uang kertas yang dipisah menjadi tiga kardus.

Baca Juga: Apakah Uang Dimakan Rayap Bisa Ditukar? Ini Jawabannya

Kardus pertama dan kedua, lembaran uang yang terselamatkan masing-masing sekitar Rp10 juta rupiah. Sementara kardus ketiga berisi potongan uang kertas yang sudah hancur dalam kepingan kecil.

Kepala Kantor perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan tim BI sudah berupaya menyelamatkan uang tabungan Samin yang hancur dimakan rayap. Namun, jelas Joko, sebagian besar uang tabungan itu tidak bisa diganti karena tingkat kerusakan lembaran uang sangat banyak.

BI akhirnya mengganti sekitar kurang dari separuh tabungan Samin, yaitu sekitar Rp20,2 juta. Nominal itu berasal dari total uang kertas yang tidak mengalami kerusakan parah.

Baca Juga: 5 Fakta Uang Puluhan Juta Dimakan Rayap Bisa Ditukar ke Bank Indonesia, Simak Syaratnya

"Kasus Pak Samin ini kita mengidentifikasi sisa uang kertas yang belum dimakan rayap. Jadi yang bisa kita identifikasi adalah sisa lembaran kertasnya. Kalau kertas yang sudah dimakan rayap, tidak bisa kita identifikasi. Dari sisa lembaran uang kertas yang dimakan rayap itu, bisa kita selamatkan total Rp20,2 juta,” ungkap Joko saat ditemui di kompleks kantor perwakilan BI Solo.

Samin termotivasi untuk rajin menabung karena sangat ingin naik haji bersama keluarganya

Pada Selasa 13 September 2022, ia membuka dua celengan plastik tempatnya menyimpan uang selama ini. Samin mengaku tidak memiliki perasaan apapun ketika membuka celengan itu.

Namun perasaannya berubah syok ketika melihat lembaran uang Rp100.000 berwarna merah muda dan Rp50.000 berwarna biru yang disimpannya itu hancur.

“Buka awal celengan milik saya di rumah itu jelas syok. Melihat lembaran uang saya hancur dimakan rayap, saya langsung menangis. Perjuangan saya bertahun-tahun menabung untuk biaya ibadah haji. Saya sisihkan uang dari ojekan anak-anak, saya masukkan ke celengan," katanya seperti dilansir VOA Indonesia, Jakarta.

Bagi Samin, menabung merupakan perilaku penting yang diajarkan keluarganya sejak kecil. Dia menyisihkan uang sekitar Rp200 ribu per hari untuk ditabung dengan niat mengumpulkan biaya ibadah haji keluarga yang sudah menjadi impiannya sejak dulu. Dia menyimpannya sendiri di rumah, tidak di bank.

"Saya menyesal menabung di celengan di rumah. Tidak aman dan uang kertas rentan rusak. Usaha saya menabung bertahun-tahun di rumah rusak karena kelalaian saya sendiri. Uang tabungan saya yang diganti sebagian itu saya masukkan ke rekening anak saya. Saya belum punya rekening bank, saya tidak tahu syarat dan aturannya apa. Dulu saya pikir menabung di bank itu ribet dan bolak balik antre, saya kerja di sekolah ini kan 24 jam,” ungkap pria berumur 53 tahun itu.

Meski sedih, Samin mengatakan hanya bisa pasrah dan mengikhlaskan uang yang tidak dapat diganti.

"Saya bersyukur uang tabungan saya masih bisa diganti dan diselamatkan meski sebagian kecil. Saya ikhlaskan, sisa uang tabungan saya yang sudah tidak bisa diganti karena habis dimakan rayap,” jelas Samin.

Baca selengkapnya: Cerita Samin saat Buka Celengan: Uang Puluhan Juta Rupiah Hancur Dimakan Rayap, Saya Langsung Nangis

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini