Share

Sebentar Lagi Cair, Pendaftaran BLT UMKM Rp600.000 Gratis

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Rabu 21 September 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 320 2672262 sebentar-lagi-cair-pendaftaran-blt-umkm-rp600-000-gratis-CYcP8zovEw.jpg BLT UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah segera mencairkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau BLT UMKM. Sebanyak 8.146 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah diusulkan sebagai calon penerima bantuan tersebut.

Di mana 8.146 pelaku usaha ini diusulkan mendapat BLT UMKM dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Lhokseumawe, Aceh.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Lhokseumawe Mohammad Rizal di Lhokseumawe mengatakan UMKM yang mendaftar menjadi penerima bantuan tersebut mencapai 10 ribuan.

"Dari 10 ribuan yang mendaftar, namun hanya 8.146 UMKM yang lolos verifikasi. Selanjutnya, 8.146 UMKM tersebut diusulkan untuk menerima BPUM," kata Mohammad Rizal seperti dilansir Antara, Jakarta.

Mohammad Rizal mengatakan pihaknya mengusulkan ribuan UMKM sebagai calon penerima BPUM kepada pemerintah provinsi. Selanjutnya, pemerintah provinsi meneruskan usulan tersebut kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI.

"Tugas kami di daerah hanya memverifikasi dan mendata calon penerima BPUM saja. Namun yang menentukan layak atau tidaknya adalah pihak kementerian," kata Mohammad Rizal.

Mohammad Rizal mengatakan ribuan UMKM calon penerima BPUM yang diusulkan tersebut belum menerima bantuan serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami juga melakukan pencocokan data dari bank untuk penerima bantuan BPUM pada 2021. Dari hasil pencocokan tersebut, maka hanya 8.146 UMKM yang diusulkan. UMKM yang diusulkan tersebut belum pernah menerima BPUM tahun sebelumnya," kata Mohammad Rizal.

Dia mengharapkan UMKM penerima BPUM nantinya dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan kegiatan usaha UMKM, sehingga bisa pulih setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Proses pendaftaran ini gratis atau tidak dipungut biaya apa pun. Semoga program ini dapat membantu usaha pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Sebelumnya, pencairan BLT UMKM atau BPUM sebesar Rp600.000 masih menunggu anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pencairan BLT UMKM Rp600.000 akan menyasar 12 juta pelaku usaha.

"Belum turun (anggaran) dari Kemenkeu, kami siap cairkan jika jadi turun," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satria saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Senin.

Bahkan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sudah mengirim surat kepada Kementerian Keuangan perihal anggaran BLT UMKM 2022.

"Menteri kami sudah kirim surat lagi ke Kemenkeu," kata Eddy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini