Share

PUPR Bangun Asrama untuk Perantau Rp86,7 Miliar, Bisa Tampung 500 Mahasiswa

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 27 September 2022 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 470 2675604 pupr-bangun-asrama-untuk-perantau-rp86-7-miliar-bisa-tampung-500-mahasiswa-YymM2JeNPB.jpg PUPR bangun asrama mahasiswa (Foto: PUPR)

JAKARTA - Kementerian PUPR membangun asrama untuk mahasiswa perantau. Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelesaikan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur senilai Rp86,7 miliar.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, AMN Surabaya adalah hunian bersama bagi mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya. Rencananya AMN akan dibangun di 6 kota/kabupaten yakni Jakarta Selatan, Bantul, Surabaya, Malang, Makassar, dan Minahasa.

Menurutnya pembangunan AMN Surabaya ini dapat menampung 532 mahasiswa dan ditargetkan dapat menampung 40% mahasiswa asli Papua yang berkuliah di Jawa Timur.

"Saat ini AMN Surabaya dikelola oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan sudah dihuni oleh sekitar 260 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya," ujar Diana dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Selain sebagai hunian bagi mahasiswa penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya didukung oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Pembangunan asrama tersebut juga telah disediakan fasilitas pendukung berupa kamar mandi dan toilet komunal, ruang ibadah bersama, klinik, kantor pengelola, ruang makan, dapur, ruang laundry, ruang sekuriti, perpustakaan/ruang baca, ruang belajar, ruang seni, laboratorium bahasa, lapangan olahraga, ruang pembinaan entrepreneurship, kebun, serta ruang komunal lainnya.

Timur seluas 9.975 m², berlokasi tepat di sebelah gedung arsip Pemprov Jawa Timur. Pembangunannya dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) Tbk dan PT Parigraha Konsultan selaku Konsultan Manajemen dengan nilai kontrak Rp86,7 miliar.

Bangunan AMN Surabaya terdiri dari 2 tower setinggi 5 lantai dengan mengadopsi konsep arsitektur tropis yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau. Blok satu dihuni mahasiswa perempuan dan blok kedua dihuni mahasiswa laki-laki. Total jumlah kamar sebanyak 196 termasuk 4 kamar bagi penyandang disabilitas serta 8 kamar untuk mentor.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini